25 Nov 2014

Manga in Memory

Kalo masa kecil saya di era 80an dipenuhi komik2, cergam2, dan novel2 Eropa, maka masa remaja di era 90-an dijejali dengan invasi komik2 manga dari Jepun.

Aslinya, dulu nyampe ribuan komik kalo mau ditotal-total. Tapi seleksi alam berlaku. Dan pengertian dari "seleksi alam" itu adalah..... adik saya yang kalo lagi butuh duit recehan (atau bahkan sekadar bosen sama komik2nya) lantas jual2in super murah ke temen2nya, atau yg paling standar adalah temen2 (teman saya atau teman adik) yang pinjem dan langsung teken stempel HAK MILIK ke komik2 tsb. Alias pinjem putus. Alias ga dibalikin. Alias nyolong sopan.... wkwkwk....

Oia, kalo buku2 Eropa dulu ngoleksi bareng kakak2, komik2 Jepang ini saya ngoleksinya bareng adik saya itu tadi.

Dan yang masih saya perjuangkan untuk lengkapi lagi saat ini adalah komik2 yang paling saya favoritin. Masih banyak yg belum berhasil saya dapatkan kembali, karena sudah jadi super langka. Hiks, padahal dulu punya super lengkap banget :'( Gapapa lah, seru juga huntingnya.



FUJIKO F. FUJIO "Doraemon" 1-45
Doraemon Petualangan 1-8 (masih jauh dari komplit)


Siapa sih yang gak tau Doraemon? Robot kucing dari abad 22 yang super canggih, dikirim oleh Sewashi di masa depan ke masa lalu untuk membantu Nobita (kakek buyutnya Sewashi) menjalani hari2nya sebagai anak sekolah. Nobita yang bodoh, pemalas, lamban, cengeng, nyebelin, gak bisa apa2  X_X *parah banget mahluk Tuhan satu ini* selalu ditolong Doraemon dengan alat2 dari dalam kantong ajaib di perutnya. Gak pernah bosen bacanya dari kecil dulu. 

Kartunnya pun masih tayang di RCTI tiap minggu pagi, sejak saya masih kelas 6 SD, sampe sekarang saya punya anak SD nonton bareng2. Sudah hampir 25 tahun kartun Doraemon tayang, and it never gets old. Literally, and also in terms of my fanatism of it.




Genre drama / serial cantik:

Errr, gak usah di-review ah. Ya intinya tentang persahabatan, keceriaan, asmara dan cinta anak sekolahan di Jepang.
Untuk serial cantik, rasanya saya penggemar fanatik karya2 Yu Ito dan Hiromi Mashiba deh.Tapi kalo harus pilih, Hiromi Mashiba masih lebih unggul dibanding Yu Ito.


YU ITO " Misery" 1-2, "Dear" 1-2, "Skip" 1-2

HIROMI MASHIBA "Your Smile", "Teens" 1-2 "Tears" 1-3

HIROMI MASHIBA "Friends" 1-3, "Hanya Untukmu" 1-3


KYOKO HIKAWA "Angin Musim Gugur", "Golden Book", "Pastel Mood", "Girls", "Mr. Friday"
Untuk 3 judul karangan Kyoko Hikawa di baris atas, itu adalah trilogi tentang kisah pasangan Chizumi & Fujiomi. Pasangan yang adorable sangat. Si cowok kekar, atletis, jagoan berantem (kalo emang ditantangin), tampan, pendiam, baik hati, dan populer di kalangan cewek2. Si cewek biasa banget, polos, ceroboh, gak bisa diandalkan, tapi hatinya baik banget dan paling bisa mengerti Fujiomi yang misterius. Aiiih....cheesy banget yaaa? Khas-nya pasangan2 dalam cerita2 manga lah. Meskipun garis besarnya standar, tapi di dalamnya banyak pelajaran tentang kebaikan dan ketulusan sih kalo menurut saya. Menurut saya loohh.... ngga tau kalo Mas Anang...




Genre suspense / serial Misteri:
YOKO MATSUMOTO "Ami", "Dark City", "Door House", "Coming Dark", "Another You"
Selaluuu...suka sama karya2nya Yoko. Tapi yg paling the best dari komik2nya adalah "Another You". Paling suka sama kisah persahabatan yg kesolidan chemistry-nya tersampaikan ke pembaca, apalagi kalo bromance alias persahabatan antar-cowok. Dan ini bukan cerita persahabatan biasa :'/


YOKO MATSUMOTO "Tales from the Darkside" 1-8

Satu lagi karya kerennya Yoko Matsumoto.

Antara dunia hidup dan mati, ada sebuah ruang dengan seorang penunggu.

Siapapun yang rohnya "tersesat" masuk ke ruang itu, berarti ada urusan yang belum terselesaikan di dunia. Sang Penunggu akan mendengarkan penuturan roh tersebut untuk mencari tau apa sebenarnya unfinished bussiness yg membuat roh tidak langsung menuju surga atau neraka.

Dan di akhir cerita, baru ia bisa menentukan, apakah roh itu harus hidup kembali, atau melanjutkan kematiannya ke "ruang" yang lebih tepat.

Love the idea! Love all the stories!


note: masih kurang no.6


KANON IGUCHI "Tolong", "Run", "Aku Takut", "Lukisan Merah", "Peramal", "Berita Hari Ini"

Ini orang ratunya cerita suspense deh. Cinta banget dan tipe gue bangettt karangan2nya. Mantep2, out of the box, suka aja lah pokoknya sama karya2nya Kanon... Kalo disuruh milih mana yang paling favorit dari komik2nya, ih susah banget! Bener2 keren semuanya!

CHIE WATARI "Aku Hilang" dan "Dari Dunia Lain"
Dari semua karya Chie Watari (yang memang spesialisasi kisah misteri), 2 buku ini yg paaaaling...saya cinta. Selalu suka sama cerita2 suspense yang nyeleneh. Ada 2 cerita terbaik di masing2 buku, yang saban baca ulang ngga mungkin air mata ngga ngalir. 

Pertama di 'Aku Hilang', cerita yang judulnya "Anak tanpa wajah". Kedua di 'Dari Dunia Lain', cerita yang judulnya "Kapal Hantu".

Penggila serial misteri? Rugi banget kalo ga pernah baca 2 buku ini.

YUHO ASHIBE "Pengantin Demos" 1-17
Jatuh cinta sama kisah2 satir di komik ini. Jatuh cinta juga sama Demos-nya.... si iblis tampan yang jahat, tapi takluk sama seorang anak gadis manusia yang manis n baik hati; Minako.

Yang Demos butuhkan sebenarnya hanya tubuh Minako, untuk kemudian "diisi" oleh jiwa kekasih yang sesungguhnya, yaitu Dewi Venus. Tubuh Dewi Venus membusuk di neraka akibat hukuman Zeus. Venus yang aslinya berwajah serupa dengan Minako, menanti dengan tak sabar. Tapi Demos kekeuh ingin mendapatkan raga Minako yang utuh dengan hati/cinta gadis itu di dalamnya.

Hebatnya, kisah cinta mereka hanya jadi semacam pigura dari kisah2 inti dari cerita tentang orang2 lain dalam komik ini. Kisah2 intinya keren2 bangett, sama sekali ngga tipikal....


Harusnya sih belum tamat di no.17, tapi gak ada lanjutannya lagi karena Ashibe telanjur wafat sebelum sempat menamatkan komik ini. Untung ini komik dengan cerita2 lepas, jadi ya ngga berasa gantung2 amat. Paling kisah Minako-Demos-Venus aja yang belum terselesaikan.



Genre semi action:

MICHIYO AKAISHI "Setinggi Langit dan Bintang" 1-8
Salah satu karya terbaik Akaishi. 3 orang yg masing2 punya kekuatan dahsyat, satu menguasai api, satu menguasai angin, dan satu lagi menguasai air (ah Avatar yang nyontek...).

Mereka bertiga ditakdirkan bertemu di kehidupan masa lampau dalam posisi berperang secara kolosal, dan di masa kini sebagai anak sekolahan biasa, tapi di balik seragam dan wajah2 tak berdosa itu tersimpan konflik yang menyeramkan.

Nggak menye2, masing2 karakternya juga asik bgt.


note: masih kurang no.2 dan 8




MICHIYO AKAISHI "Super Girl" 1-4
Gadis cantik yg tomboy, yatim piatu sejak kecil. Sebelum ayahnya wafat, sang ayah telah mengajarkan gadis kecilnya yang bernama Hime ini berbagai kemampuan. Mulai dari menembak, pedang, bela diri, cebok pake kaki, mengendarai motor, mobil, traktor, bahkan helikopter.

Kelak Hime akan paham kenapa ayahnya mengajarkan semua kemampuan itu.





Genre Humor :
RINGO HIJIRI "Time Limit" 1-7
Nomer wahid kocaknya ini komik satu :'D

Tentang seorang cewek yg lucuuu.... ga sadar kalo punya kemampuan supernatural. Yg menyadarkannya adalah kakak kelas yg ditaksirnya di klub sekolah.

Berbagai masalah dapat diatasi dengan kemampuannya itu, meski dengan sangat berantakan. Karena kemampuan supernaturalnya itu hanya bisa muncul jika ia makan dalam jumlah besar. Kacau banget lah.....






YU ASAGIRI "Min Min" 1-4
Ini juga salah satu komik terkocak, yg entah kenapa kok ada kemiripan konsep dengan 'Time Limit'. Sama2 punya kemampuan gaib yg bisa muncul dengan banyak makan.

Bedanya, si Min Min ini penyihir yg usianya udah ratusan tahun, tapi wujudnya tetap imut2 kayak anak ABG. Datang dari dunia sihir ke dunia manusia karena gurunya merasa Min Min bego banget, jadi disuruh belajar dulu di dunia manusia (entah apa hubungannya yaaa...apa kita dianggap seimbang begonya sama dia?)

Tapi asli gila banget kocaknya :'D 


Yu Asagiri awalnya memang spesialisasi romantic comedy. Karya2nya kayak "Seven Magic", " Panic", "I love boy", dll laris manis di pasaran Indonesia. Bagus? Bagus banget! Lucu? Yakin sebenernya lucu banget! Sayang, hampir semua karya Asagiri ini diterjemahkan dengan ngaco, ngasal, n banyak salah ke Bahasa Indonesia. Kecuali Min Min ini, makanya cuma ini karya Asagiri yang saya mau koleksi lagi.




YUKARI KAWACHI "Fortune", "My Best Rival is My Bestfriend"
Karya2 Yukari ada beberapa yang edar di Indo, tapi cuma 2 ini yang nyangkut di hati. Yang 'Fortune' adalah karya awal debutnya dia, keliatan banget dari gambarnya yang masih culun. Sedangkan 'MBRiMBF' gambarnya udah cakep banget. Tapi lucunya sih tetep sama.




MITSURU ADACHI "Sister" 1-8
Huaaa...!! Judul yang satu ini...oh alangkah susahnya mendapatkan kembali! Karya2 Mitsuru Adachi tuh ada banyak banget, dan betebaran pulak yang jual 2nd-nya. Macam Eternal Blue Sky, H2, Natane, Slow Step, dll... murah2 lagi! Tapi 'Sister' ?? Nihil! Udah kaya' BBM yang ditimbun saat harganya naik. Ilang dari peredaran! Padahal ini karya dia yang paling lucu kalo kata saya mah.

Sekalinya akhirnya nemu di Kaskus, ealah mahalnyaaa.... 

Tau2 aja malaikat mengarahkan tangan saya untuk buka2 lapak dia yang lain (yakin malaikat? bukannya 'setan penghabis duit suami'? gkgkgk..) yang rasanya membuat saya nyaris pingsan saat liat ada set 'Sister' yang lain yang dijual jauh lebih murah dari set sebelumnya. Kenapa lebih murah? Karena di dalamnya ada beberapa halaman yang merupakan fotokopian, karena halaman aslinya hilang. Padahal cuma 3-4 halaman aja loh masing2 buku, tapi harganya jadi dibanting abis2an sama seller-nya. So pasti langsung saya sikat bleh! One of the most rare item in manga's world, gitu loooo! Sipiriliiiii....!!! \(^O^)/

Oia, review dikit. Ini cerita tentang seorang cowok anak SMA (namanya Ogawa) yang mesum luar binasa. Dia punya 2 Yuki dalam hidupnya. Satu Yuki adik (tiri), satu Yuki pacar. Dua2nya cantik, seksi, dan populer. Sedangkan Ogawa mah standar abis. Tapi kok ya kedua Yuki ini sama2 cinta banget sama Ogawa, yang bikin cowok2 lain pada keki.

Jalan ceritanya kocak pol, meski diselingi adegan2 kinky yaaa... Ampun ini pengarangnya emang otak mesum kayaknya. Tau ga, halaman2 yang ilang (yang diganti fotokopian) itu adalah halaman2 yang isinya cewek2 berbikini, atau lagi jongkok dengan seronok, hahahahaaa.... ketebak banget lah kalo yg punya buku ini sebelumnya cowok ABG yang liat gambar gituan aja sampe kudu disobek, disimpan secara rahasia, dan digunakan buat.......nnnggg..... buat apa sih dek?? :P

Tapi yang lebih gak kebayang adalah si seller-nya, yang demi ngelengkapin halaman2 yg ilang kudu bela2in menghadapi tukang fotokopi, nyerahin gambar2 semi porno buat difotokopi'in. Kesannya maniak bener tuh seller. But thanx a lot, ya gan. Berkat usahamu (yg gak susah sih, cuma malu2in banget) saya jadi bisa punya komik 'Sister' utuh tanpa kehilangan 1 halaman pun. Makasih juga buat ABG mesum yg punya buku ini sebelumnya, berkat kamu nyopot2in tu halaman, ni buku harganya jadi nyungsep dan mampu saya beli. Makasih semesta alam.

FYI, di Indo cuma ada sampe no.8. Kalo aslinya di Jepang sih setau saya sampe no.11. Kecurigaan saya kenapa ngga dilanjutin disini, karena cerita2nya makin parah kinky-nya. Bagian editing Indonesia juga pusing kali ya ngeditnya biar masih layak baca buat remaja. Tapi kalo penasaran sih masih bisa kok baca online versi terjemahan bahasa Inggrisnya.Oia, kalo judul aslinya di Jepang bukan "Sister", tapi "Miyuki".

Lalu apa lagi? Alpen Rose? Half Moon? Seven Magic? Rose of Versailes? Pansy? Mari-Chan? Miss Modern? Yokohama? .....ih, enggak loh. Meski judul2 tadi termasuk melegenda juga di era 90-an dulu (dan masih banyak judul2 legend lainnya), tapi ga berarti semuanya napsu saya kumpulin lagi. I'm a one darn picky collector.

Palingan tinggal cari set S.O.S. sama Doki Doki yang harganya masuk budget.

Terakhir?  Saya cuma pingin sekali punya LAGI satu set Candy Candy ^^

.
.
.
.
.
.
.


Update April 2015......yahuuuu!! Complete at last!! 




YUMIKO IGARASI & KYOKO MIZUKI "Candy Candy" 1-9


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

9 komentar:

sugeng big mengatakan...

Wah masih aktif mba
gmn kabarnya
aku sdh lama ga nulis
skrg tugas di solo 60 km daro rumaj jogja

de asmara mengatakan...

on- off aja nih mas aktifnya :P
kabar alhamdulillah baik, mas Sugeng sekeluarga gimana?
Nulis2 lg mas kalo sempat (sok ngasih semangat, pdhal sndirinya jarang nulis, hehe...)

sherlina halim mengatakan...

www.indobet77.com

Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

Promo Terbaru :
- Bonus  10% New Member Sportsbook
- Bonus 5% New Member Casino Online
- Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
- CASHBACK untuk Member
- BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : indobet77_sb2@yahoo.com
- EMAIL : indobet77@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7238
- WECHAT : indobet77
- SMS CENTER : +63 905 213 7238
- PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

Salam Admin ,
http://indobet77.com/

mizzyu mengatakan...

Duh, bc blog nie, bener2 ngingatin ms lalu dech... Kgn bgttt!!! Saya dulu lebih suka bc yg komik cerita lepas. Soalnya g punya doit buat beli. Jadi belinya klo ad duit aj. Dripd penasaran lanjutannya, mending bc yg langsung tamat... Haha... Suka serial cantik, yg bikin ngayal bgt, dulu, en skeptis skrg, wkwkwk... En doyan bc serial misteri yoko yg buat suka cerita en film horor smpe skrg... Hooo... Blognya keren dech. Lucu bc celetukan2nya... ^o^ salam kenal...

de asmara mengatakan...

halooo mizzyu, kamu umur brp skrg? satu era sama saya ga? hehe...soalnya agak beda era komik saya dulu (90an) sama 2000an keatas. Dari segi cara gambar, juga cerita2nya. Btw Yoko jg komikus misteri favorit saya bgt sih, idenya adaaa aja. Salam kenal jg ya ^,^

queenaraya azwa mengatakan...

kita emang satu era kayaknya. tapi seleranya kayaknya beda. favorit saya, Pansy, Yokohama, Miss. modern, Kungfu Boy, sama manga tentang permainan bilyar. setinggi langit dan bintang juga saya suka, cuma endingnya.... nah ada satu manga yang belom juga taman ampe sekarang, Topeng kaca.

de asmara mengatakan...

Pansy sama Miss Modern saya dulu jg pernah punya lengkap, tapi ya itu lah, kudu pilih2 mana yg mau dikolesi lagi, krn kl komik2 yg nge-hits bgt itu harganya skrg kurangajar bgt, yekaann??

Kungfu Boy sama Break Shot dulu suka baca juga cuman hasil minjem, hehe..itu pemerannya sama kan si Chinmi kl ga salah. Nahhh kalo sebangsa Topeng Kaca, Mari-Chan,n yg setipe itu entah knp kok saya rada kurang naksir ya? bacanya dulu cabutan aja ga berurut. Abis perasa'an ga kelar2 sih seri komiknya Mari Chan...

Yuli mengatakan...

Duh... Saya juga penggemar Yoko Matsumoto. Saya juga lagi nyicil ngumpulin komik2 jadul. Dulu paling minjem di rental komik.Yoko tinggal yg judul Stawberry yg blm ada. Sy skrg lg nyari Crystal Dragon.

de asmara mengatakan...

wah karya2 Yoko yg kamu koleksi saya malah ga punya, mau dong tuker2an pinjem Yul, hehe..

Semangat ya koleksinya!
*\\(^o^)//*

Posting Komentar