24 Nov 2014

cerita dari masa lalu :' )

.
Pernah punya pas masih kecil, lantas pada hilang, atau rusak, atau dipinjam teman ga dibalikin, atau memang sengaja dihibahin karena dulu sering pindah2... 

Sekarang nyoba ngumpulin lagi satu demi satu, dari online shop maupun dari toko2 buku, tentunya dengan status bekas. Bekas punya orang.....atau jangan2 sebenarnya bekas punya sendiri yang sudah melanglang buana dan balik lagi jadi milik saya? 


S M U R F
Judul Smurf pertama yang Mami belikan saat saya masih... mungkin masih SD ya? ....adalah SMURFUHRER. Langsung jatuh hati sama tokoh2 dan ceritanya. Tentang mahluk2 imut berwarna biru setinggi kira2 dua buah apel (macam yg udah pernah ketemu aja).

Mereka punya bahasa Smurf yang sangat Smurf jika kamu memang Smurf di Smurf ini... Jumlah totalnya 99, jadi 100 setelah ditambah Smurfin. Dan 101 jika ditambah bayi Smurf. Masing2 punya sifat khas. Ada yg pemalas, pesolek, sok tahu, kekar, suka masak, penggerutu, dll... dan berdasarkan sifat khas masing2 ini lah mereka diberi nama dan dikenali oleh sesamanya.

Desa mereka adalah sekumpulan jamur yg berfungsi sebagai rumah, dan hanya smurf2 ini yg bisa menemukan dimana lokasinya. Musuh mereka Gargamel si penyihir dan Azrael kucingnya, setengah beler nyari desa mereka, gak pernah berhasil menemukan. Saya kok lupa ya buat apa Gargamel kekeuh mo nangkep mereka... Mau dijadikan semacam campuran untuk ramuan apaaaa....gitu! Tumis pare apa kalo ga salah...





N I N A

 Ninaaa....oh Nina....

Sebenarnya dulu terbit tiap bulan, tapi kami nggak langganan (Mami cuma ngelangganin kami majalah mingguan Bobo dan Donal Bebek), Nina biasanya beli cabutan.... dan seingat saya nggak banyak kok judul yang Mami belikan. 

Ndilalahnya pas udah dewasa, saat saya hunting lagi koleksi buku2 masa kecil ini.... dari ratusan judul Nina, saya baru menyadari bahwa ternyata yang Mami saya belikan dulu itu kok ya pas kebetulan judul2 yang bagus.... (Eh, iya lho! Nggak semua cerita Nina itu bagus. Banyak judul2 yang kemarin iseng2 saya main bela-beli, meski bukan judul nostalgia punya saya dulu, hampir semuanya saya jual lagi. Karena ya itu, ........ceritanya jelek. (siap2 disantet sama penerbit komik Nina nih)

Hebat lho Mami. Pas saya tanya tempo hari, apa Mami selalu membaca dulu sebelum beli, untuk tau bagus atau engga, ternyata kata Mami enggak sama sekali. Dulu asal beli aja. Kok bisa ya?

Masih ada 2-3 judul lagi yang belum dapat. Terutama judul dengan cerita terkeren: "MISTERI RUMAH TUA". Nyari keliling Eropah masih belum nemu juga :/ Padahal saya rela beli dengan harga tinggi kalo ada! Kolektor gitu loookh! Asal aja ga lebih dari 20 rebu mah saya beliii!! *tampang tetap sombong* *upil gelantungan*



update Oktober 2015: 

akhirnya dapet "Misteri Rumah Tua" ...!! lalalaaaa yeyeyee 




T I N I

Tini ini terbitan "Pustaka Cerita Gramedia". Selain cerita tentang Tini, ada juga Robi & Susi, juga kisah2 fabel. Tapi yang paling dicari banyak kolektor ya pasti si Tini. 

Ceritanya sederhana tapi bagus. Kekuatan utamanya ya terletak di ilustrasinya itu lah. Marcel Marlier memang benar2 juara banget dalam menghidupkan karakter2 dan environment di komik ini. 

Tini pertama yang Mami belikan dulu yang judulnya "Tini merawat adik" saat saya masih TK. Saya pelototiiinn....terus gambarnya. Abis baru kali itu liat gambar sebagus ini! Bahkan teman sekantor saya dulu si Dani yang jago gambar, yang dulu pernah lukisin tato anak2 grafis, pertama kali termotivasi untuk nggambar ya setelah baca buku Tini waktu masih piyik. Dan sekarang...... dia udah jadi komikus yang lumayan terkenal loh! Tau tokoh komik "Manjali"? Itu karyanya Dani. Dan sekarang..... saya kok yaaa ga jadi siapa2??? >.< Padahal sama2 baca buku Tini dan hobi gambar dari kecil. Ihik...


gambar khas di balik cover Tini

ilustrasi cerita? aduhai banget kece-nya. Benar2 memanjakan mata sekaliii

______________________________________________________



Kalo yang di bawah ini novelet2 yang pastin-jaaaaa... paling laris manis di era 80-90an!

L U P U S
Ini baca'an wajib mulai dari anak kecil, remaja, dan anak2 muda di era 80an. Berawal dari cerita serial mingguan karangan Hilman Hariwijaya di Majalah HAI, akhirnya dikumpulkan dan diterbitin dlm bentuk novelet.

Karakter Lupus bener2 perwakilan karakter anak2 muda di masa itu. Kocaaak... banget! Berani taruhan pasti kesurupan baca ini. Kalo ga ketawa, boleh kalian jitakin atau jepit di balik pintu deh si Boim.... ^o^


Lupus Kecil
Ngebayangin seorang remaja yg tengil-jail-tapi ngangenin aja udah gemes banget ya. Nah bayangkan kalo sosok itu dibikin versi imutnya.

L U L U
Naahh... ini cerita khusus tentang adiknya si Lupus. Lulu namanya. Menurut saya cerita Lulu cuma bertahan lucu dan sesuai dg karakter awalnya sampe di jilid 2 aja. Lebih dari itu Hilman udah mulai kehilangan 'tangan emas'nya. Masa'kan Lulu yg centil, lucu, dan periang itu jadi mulai digambarkan pendiem dan membosankan. Iiiiihhh.... gak sekalian suka ileran dalam pergaulan sehari2, dirubung laler ijo, dan hobi nyemilin upil?



O L G A

Keluarga Hantu



Ada juga kisah neng Olga, anak SMA centil dan ketjeh yang doyan sepatu roda'an juga penyiar di Radio Gaga. Cerita ini dulu dimuat di majalah MODE. Trus sama kisah kocak keluarga hantunya si Luyut yang Hilman bikin bareng Boim, dan dimuat di majalah Kawanku.


Selain novel2 karya Hilman, yang juga ngga kalah booming adalah novel2 detektif remaja dari Eropa. Ada STOP, Sapta Siaga, Trio Detektif, 5 Sekawan, Pasukan Mau Tahu, dan masih banyak lagi. 


Meski dulu semuanya saya baca (boleh minjem koleksinya abang), tapi kalo untuk ngumpulin ulang, rasanya harus milih. Akhirnya pilihan jatuh ke STOP dan Sapta Siaga aja. 

STOP 1-31 (belum lengkap)
STOP adalah singkatan dari nama2 anggotanya: Sporty, Thomas, Oscar, dan Petra. Oh, ada satu "anggota" lagi meski namanya ga tercantum, Bello, anjing spanielnya Petra.

Mereka adalah anak2 sekolahan biasa, kelas 9 (setara 3 SMP) di Jerman. Tapi tiap ada hal2 yang ga beres di sekitar mereka, mereka ga pernah bisa cuek aja. Pasti ditelusuri sampai tuntas.

Sporty yang nama aslinya Peter adalah anak yang atletis, jago bela diri, penuh akal, dan bertindak penuh perhitungan. Kalo kata saya sih, komplotan STOP ini terlalu berlebihan ah, karena perasaan kok yang memecahkan kasus Sporty melulu, yang lain nyaris tanpa guna. Thomas memang mirip Google berjalan, serba tau dan serba ingat apa aja, cuma kejeniusannya itu ga gitu sering diekspos dalam kasus2 mereka. Oscar apalagi! Si gendut anak orang kaya pemilik pabrik coklat Sauerlich ini kerja'annya cuma bisa makan, makan, dan makan terus (tapi kebiasaan dia yang suka mengoleksi coklat dari berbagai merk itu dulu suka saya ikut2in sih :P ). 

Terakhir Petra, satu2nya cewek di grup detektif ini. Petra itu gambaran cewek sempurna lah. Cantik, anggun, aktif, lumayan pintar. Tapi tetap aja, dia cuma semacam pemanis. Lebih tepatnya, dia ada di grup STOP semata2 karena Sporty naksir berat sama dia (kalo menurut saya lhooo...). Petra berguna hanya kalo udah melibatkan ayahnya yang kepala polisi di kota mereka, Komisaris Glockner. 

Meski gitu, entah kenapa saya sukaaa... banget sama novel2 STOP. Gaya bertutur Stefan Wolf itu menyenangkan banget untuk dibaca.



Sapta Siaga 1-15
Komplotan detektif cilik yang settingnya di Inggris ini punya simbol SS, yang mana itu tertera di lencana maupun pintu markas mereka. Lucunya, SS yang merupakan akronim dari Sapta Siaga ini di bahasa aslinya ya SS juga, yaitu Secret Seven. Pinter banget ya yang mengalih-bahasakan ke Indonesia :) Tanpa berkesan maksa, tapi tetap memiliki esensi yang sama (Sapta dalam bahasa Sanskerta adalah Seven atau Tujuh).

Pemimpin kelompok SS ini punya nama yang sama dengan pimpinan STOP: .........Peter. 

Personil SS yang lain adalah adiknya Peter yang namanya Janet, terus Pam, Barbara, Colin, George, dan Jack. Dan seperti kebanyakan genk detektif lainnya, selalu ada 1 anggota ga resmi di dalamnya, yaitu seekor anjing. Kalo di SS, Skippy namanya.

Suka banget sama kebiasaan mereka rapat. Lucu! Tiap kumpul masing2 selalu bawa aneka makanan untuk dicemilin bareng2, dan wajib pake lencana SS. Untuk masuk ke dalam markas rapat (gudang terpisah di rumah Peter & Janet), mereka harus berhasil sebutin kata sandinya dulu, yang selalu diubah tiap waktu biar ga bocor. Meehhh....bocor kemana coba? FBI? CIA?? Ohh, ternyata ada satu orang yang paling mereka hindarin untuk tau, yaitu Susi, adiknya Jack yang bandel dan nyebelin, yang ngotot banget pengen ikutan gabung di SS juga.

Saban abis baca Sapta Siaga dulu, bawa'annya selalu jadi pengen bikin grup detektif juga. Kumpul di markas, pake lencana keanggota'an, menyebut kata sandi, trus masing2 bawa snack...apa lah, somay, rujak, cimol kek. Nah udah si. Bagian itu aja yang mungkin :P Abis kalo sok2an mo nguntit penjahat atau masuk ke sarang mafia, yang ada langsung mati disekap lah semua anggota pada kasus pertama -____- yakin saya....



Donal Bebek
Kalo Donal, saya spesialisasi cuma ngumpulin seri 400an dan 500an. Udah nyaris lengkap 200 buah. Dan sekarang sedang menuju ngumpulin seri 300-an. Kenapa cuma seri nomor2 tertentu? Karena nomor2 itu lah masa2 saya berlangganan. Sekitar tahun 1987-1993.

______________________________________________________


 
Sekarang mari kita tengo' tengo' sisipan majalah Bobo. Yeah, anak mana sih yang ga tau majalah Bobo saat era 70-an sampe 90-an? Ha? Anak sevel mana?! 

Satu majalah isinya bagus semua. Berguna, informatif, menghibur, mengasah imajinasi, intelejensi, dan kreatifitas *hasseeek*. Yang merajai media cetak anak2 saat itu ya cuma Bobo. Majalah Ananda, TomTom, dan beberapa yang lain bisa dibilang cuma membayang-bayangi aja.

Nah si Bobo ini kan aslinya dari Belanda ya. Begitu juga sisipan komik di bagian tengah majalah, selalu dari Belanda. Mulai dari Pak Janggut, sampe cerita2 yang setipe sama Nina. Dulu saban Bobo datang, yang pertama saya baca bukan cerita Bobo-nya atau yang lain2, melainkan komik bersambung di bagian tengahnya itu.

 Pak Janggut dan Putri yang Manja (1985)

Pak Janggut - Tabib palsu (1987)

Pak Janggut & Pompit yg bandel (1989)

Pak Janggut - Menangkap si Jahil (1990)

Pak Janggut - Putri Melati Centilaneh (1992)

Pak Janggut - Lemari dengan 1000 pintu (1994)

Itu tadi barisan komik Pak Janggut (atau Douwe Dabbert, nama aslinya di Belande sono). Belum semua judul, karena yang saya kumpulin ini bener2 hanya yang saya suka banget dulu. Biasanya yang di dalamnya ada Pompit sama 2 sepupunya; Domoli dan Rika. 3 bocah bangor yang gemesin banget, bikin ceritanya jadi greget gitu.

Ada juga sih yang ga ada Pompit-nya, seperti "Putri yang manja" dan "Tabib Palsu" yang saya punya ini. Berhubung ceritanya kocak banget, jadi tetap masuk kotak koleksi. Judul2 lainnya masih banyak banget dan bagus2 juga sih, cuma emang harus milih banget yg bener2 disuka, karena kalo engga ya ga ada abisnya yang kudu di-hunting. Dikata saya istrinya Indraguna Sutowo? (Mirip sih, tapi bukanlaahh...) Mayan mehong juga harga komik2 nostalgila ini soalnya.

Oia, Pak Janggut ini dalam benak saya kok mirip2 tokoh imajiner Sinterklas ya? Berjanggut putih, rada gembul, jenaka, dan dalam kantong ajaibnya itu ada banyak hadiah. Well, sebenarnya bukan hadiah, tapi mengeluarkan sesuatu benda yang sesuai dengan yg dibutuhkan. Semacam kantong Doraemon lah. Bedanya.....saat merogoh ke dalam buntelannya, Pak Janggut sendiri pun ngga tau apa yang bakal keluar.

Pak Janggut tuh kerjaannya mengembaraaaaa.......terus. Mengingatkan saya sama boyband West Life, yang dalam klip2nya taun 90-an dulu ga pernah joget2 kompak macam boyband lain, melainkan selaluuu...aja jalan berjejer berlima ga kelar2, ga ngerti juga mo kemana.

Di luar dari 6 judul  komik Pak Janggut yang udah saya punya ini, mungkin saya mau tambah 1 judul lagi: "Kapal dari es", yang merupakan lanjutan dari "Lemari dengan 1000 pintu".

Nah, kalo di bawah ini komik2 sisipan Bobo yang setipe komik Nina:



Buku Harian Penari Balet (1987)

salah satu part favorit dalam "Buku Harian Penari Balet"

Buku Harian Penari Balet

Tentang dunia balet dan kakak beradik Maike dan Maria. 

Maria jago balet dan baik hati *isshh saya banget sih jago balet dan baik hati*, sementara Maike ancur minah, ga punya bakat tapi ngotot, sombong, dan culas (tipikal cerita bawang merah-bawang putih memang selalu laku sepanjang jaman ya?)

Suatu hari Maike diberi sebuah kotak musik oleh seorang balerina tua yang terkenal. Tiap ia membuka kotak itu dan musik mengalun, Maike jadi masuk dalam sebuah ruangan aneh yang di dalamnya ada sebuah diary. Jika dia menulis keinginan di diary itu, maka di kehidupan nyata keinginannya terkabul.

Dengan sifat culasnya, ia berhasil mendapatkan keinginannya satu persatu, dan menghancurkan impian Maria. Tapi ternyata kotak musik itu adalah.............. eng ing eeeeng, apa hayoooo?? (yang jawab "jamban" salah aja pokoknya)




Kebun Rahasia (1987)

Kebun Rahasia

Pada suatu waktu di masa depan, akhirnya kekhawatiran kita semua terbukti. Bumi tidak lagi hijau. Air bersih nyaris punah. Tumbuhan asli tidak ada lagi, yang ada hanya tumbuhan imitasi dari plastik, karena tanah2 di bumi sudah demikian tercemar. Itu lah masa dimana Leika dan adiknya, Raso, hidup.

Raso sangat lemah, sakit2an, nyaris sekarat. Impian Leika adalah membawa sebuah tumbuhan sungguhan ke hadapan Raso. Tapi saat dimana air minum per hari saja dijatah, impian Leika itu terasa mustahil.

Saat Leika sedang menghindari patroli Polisi, tau2 aja dia masuk ke sebuah tanah terlarang. Di dalamnya ada rumah2 dari masa lalu, saat bumi masih hijau. Di salah satu rumah bahkan masih terdapat bibit2 tanaman, buku2 tentang bercocok tanam, dan...... air yang membuncah dari keran2 karatan dari washtafel yang berjejer di sebuah kamar mandi umum!! 

Akhirnya sejak itu Leika selalu berusaha menyempatkan diri menyelinap kesana, ia berusaha menanam dengan bibit dan air yang ia temukan, karena ternyata tanah di sana belum tercemar. Tapi usahanya itu sungguh sulit karena banyak hal yang menjegal langkahnya. 

Raso semakin lemah, sementara tanaman Leika gagal tumbuh. Sempat gak ya terwujud cita2 Leika sebelum cergamnya keburu tamat, ...eh sebelum Raso kenapa2 gitu.




Bukan Karena Ingin Bersaing (1988)
 
Bukan karena Ingin Bersaing

Komik2 sisipan Bobo tuh sepertinya paling hobi sama tipikal cerita kakak adik yang bersaing. Tema balet juga sering banget muncul. Di cerita yang ini kombinasi keduanya juga.

Ayah Nita dan Hani adalah juara atlet senam di masa mudanya. Sedangkan ibu mereka adalah seorang legenda balet. Nita diplot untuk meneruskan jejak ayahnya jadi pesenam. Hani lebih diarahkan jadi balerina, meski sebenarnya Hani merasa bakat dan panggilan jiwanya lebih ke dunia senam.

Tiap kali Hani ikut2an mempraktekkan senam, ibunya pasti marah2 gak ketulungan. Sementara Nita sendiri nggak jago2 amat dalam bidang senam. Suatu hari saat ada sebuah pertunjukan senam, Nita mendadak merasa ga PeDe buat tampil dan drop secara mental. Akhirnya, meskipun selama ini hubungan Hani dan Nita kurang akur, Hani sepakat untuk membantu karena mereka ga mau mengecewakan ayah dan ibu yang sudah duduk dengan bangga di bangku penonton. Hani berdandan semirip mungkin dengan Nita dan menggantikannya tampil. Ketauan kah?



Ikal Rambut Hitam Terkutuk (1988)

Ikal Rambut Hitam Terkutuk

Brenda sekeluarga dimusuhi sama masyarakat sekitar. Gara2nya cuma karena Brenda dan ayahnya adalah keturunan Simon Kimble, seorang bangsawan jahat di masa lampau. Dosa Simon ditimpakan pada seluruh keturunannya dari masa ke masa. Apa yang menyebabkan mereka mudah dikenali sebagai keturunan si bangsawan jahat?

Itu adalah seikal rambut hitam yang selalu ada di setiap kepala seorang Kimble.

Tapi ada satu orang yang paling Brenda benci. Lebih benci dari seluruh kebenciannya terhadap seluruh penduduk desa lainnya. Orang itu adalah Karin.

Karin adalah gadis seumuran Brenda, yang justru paling baik, paling tulus, paling ramah, dan satu2nya yang mau berteman dengannya. Kok malah sebel sih ya?  *sok bikin penasaran*




Menggapai Prestasi (1988)

Menggapai Prestasi

Lagi, tema tentang persaingan kakak-adik. Kembar pulak.

Awalnya Ana dan Ina adalah sepasang kembar yang kompak banget! Tapi semenjak pindah rumah, semuanya mulai kacau. Ina sebetulnya pintar, tapi sayang suka gugupan. Dan karena sifat gugupannya itulah akhirnya dia gagal lolos tes masuk Konkordia, sekolah swasta unggulan yg berhasil dimasuki Ana. Akhirnya Ina masuk ke sekolah negeri yang dianggap "buangan". 

Anak2 Konkordia sombong2 dan merasa haram hukumnya bergaul sama anak2 sekolah negeri. Ana terpengaruh.

Setiap ada kegiatan di sekolah masing2, Ina selalu dinomor duakan oleh ortunya. Ia hanya dianggap selalu bikin masalah dan bikin malu. Bahkan saat ia berprestasi pun hanya dipandang sebelah mata. Ina dan Ana makin renggang.





Serbuan Monster Kristal (1988)

Serbuan Monster Kristal

Pada suatu malam ada semacam meteor yang jatuh di pemukiman tempat tinggal Elsa. Meteor itu pecah dan "memuntahkan" semacam bola2  kristal ke segala penjuru, termasuk ke apartemen keluarga Elsa. Bola kristal kecil itu meluncur memecahkan kaca jendela adiknya (Sandra). Bola itu membuka dan di dalamnya ada sebongkah berlian. Saat Sandra mengambilnya, berlian itu menyengat dan menukar tubuh Sandra yang asli dengan Sandra palsu yang muncul dari dalam berlian. 

Elsa merasakan perubahan aneh Sandra, dan beberapa orang lain di sekitarnya. Hingga suatu waktu secara sembunyi2 Elsa liat sendiri pertukaran tubuh melalui berlian itu. Sekarang sudah ga ada yang bisa dibedakan lagi, mana orang yang asli, mana yang palsu. Ternyata mereka adalah alien2 yang sedang mencari planet untuk tempat tinggal baru.




Menghilangnya robot L4A (1989)
Menghilangnya robot L4A

Seorang profesor berhasil menciptakan sebuah robot yg super mirip manusia. L4A namanya.

L4A berhasil melumpuhkan sistem kontrol yang membuatnya bisa bertindak dan berpikir bebas tanpa kendali profesor.  Dia pun kabur dari laboratorium karena ingin jadi manusia sungguhan.

L4A bertemu dengan gadis2 yang mengajaknya bersekolah di tempat mereka. Nama L4A terdengar seperti Elvira di telinga gadis2 itu, maka ia pun dipanggil dengan nama Elvira. Elvira bingung dalam beradaptasi dengan cara2 dan kebiasaan2 manusia nyata, tapi justru hal2 itu yang bikin cerita ini jadi menarik.

Over all, ide ceritanya mirip dengan komik Nina yang judulnya "Mariska, gadis super dari luar angkasa".





Bagaikan hewan dalam kurungan (1990)

Bagaikan Hewan dalam Kurungan

Kakak beradik Vera dan Yeni lagi kunjungan sekolah ke Bonbin. Disana mereka menonton hewan2 yang dikerangkeng. Esoknya saat dalam bus sekolah, ada cahaya benderang dari langit yang adalah para alien yang akhirnya menculik mereka.


Mereka diculik bersama banyak orang lain, juga hewan2. Ternyata bagi para alien, manusia dianggap hewan jenis baru. Para alien butuh hewan2 untuk aksi pertunjukan di planet mereka. Pada akhirnya Vera, Yeni, dan manusia2 lain diperlakukan persis seperti hewan. Dikerangkeng, diberi kalung pengikat yang bisa nyetrum kalo mereka ga nurut, dilatih paksa aksi2 pertunjukan secara kejam, dijadikan piaraan, dipertontonkan, dll...


______________________________________________________


Udah komplit kah komik sisipan Bobo tipe Nina yang saya pengen? Belum. Masih ada 2 judul lagi yang belum saya dapet. Keduluan orang mulu! Ganas2 banget oiy para kolektor di luar sana.

Dua judul yang masih belum punya "Ratu Palsu" sama "Aku Tidak Tuli". Punya sih dalam bentuk pdf (soft copy), tapi ya nggak nikmat ah kalo nggak punya hard copy aslinya. Dan saya ini kolektor jadul garis keras banget. Ngga puas dengan pdf, scan2-an, fotokopian, atau bahkan terbitan baru yang deluxe sekalipun. Nei nei nei....

Aroma masa kecil hanya bisa saya temui di produk2 aslinya :) Kebayang kalo udah tua nanti, di taman belakang rumah saya menghabiskan sore dengan secangkir espresso yang mengepul di tangan kiri, dan baca'an jadul di tangan kanan. It's just perfecto :)


Mari selanjutnya hunting rumah yang ada taman belakangnya kalo gitu x_x




Update April 2015:


Aku Tidak Tuli (1992)
 "Aku Tidak Tuli" baru dapat no. 4, 5, 6.



Ratu Palsu (1986)
 "Ratu Palsu" baru dapat no. 3, 6, 8, 9.



Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

23 komentar:

Anonim mengatakan...

dimana ya bisa beli TINI.. saya pengen koleksi tini.. yg 1 buku 1 cerita (bukan seperti terbitan baru - 1 buku 5 cerita)

White Ribbon mengatakan...

Wah... seneng banget ternyata sama2 penyuka kisah2 di bobo.. kaya nina, pak janggut.. saya juga koleksi teh, tapi sayang yg cabutan ada yg hilang2, trus tini juga.. dulu ga berminat ngoleksi yg terbitan barunya dan skrg susah lagi dapetnya.. terbitan baru skrg dibundel, ga terpisah.. kalo suatu hari teteh berminat menjual tini atau robi susi (bener bgt ilustrasi Marcel keren sekali) saya berminat ya, hehe.. tapi harganya juga jangan mahal2 ya teh :D

de asmara mengatakan...

halo @Anonim :)
meski memang sangat jarang, tp masih ada kok yg suka jual cergam Tini. Rajin2 aja Googling, atau ketik kata kunci "tini" atau "pustaka cerita gramedia" di bbrp situs marketplace kayak tokopedia, olx, berniaga, dll... atau bisa jg di Instagram.

atau kamu cari FB yg jualan buku2 jadul. Kalo udh ketemu 1, nah ubek2 friendlist-nya, biasanya seller buku2 jadul temenan dg yg sejenis. Makin banyak nge-add seller buku lawas, makin gede kesempatan nemuin yg kamu cari. Jgn sungkan utk inbox ke seller2 itu buat request buku apa yg kamu cari.

Happy hunting ya! ^^

de asmara mengatakan...

@white ribbon
iya, saya jg ga suka yg versi bundel ala cetak ulang yg terbaru ini. Apalagi...perhatiin ga, warnanya dibikin modern banget! Diangkat jadi cerah, sangat gak vintage :( itu yg bikin makin males...

taun lalu saya borong banyak Tini di olx. Yg jual sekaligus banyakan gitu satu orang, emang seller buku jadul, sehari2 tokonya di Blok M Square bawah (tau kan kl di situ surganya buku2 second lawas?). Rajin2 aja cek di olx dan sebangsanya.

kalo cerita bersambungnya Bobo, coba kamu cek radjakomikbekas.blogspot.com
masih ada bbrp stok "Pak Janggut" yg lengkap sampe tamat tuh saya liat :)

sherlina halim mengatakan...

www.indobet77.com

Master Agen Bola , Casino , Tangkas , Togel Terbesar
dan Terpercaya Pilihan Para Bettor

Promo Terbaru :
- Bonus  10% New Member Sportsbook
- Bonus 5% New Member Casino Online
- Bonus 10% Setiap Hari Bola Tangkas
- CASHBACK untuk Member
- BONUS REFERRAL 5% + 1% Seumur Hidup

untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : indobet77_sb2@yahoo.com
- EMAIL : indobet77@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7238
- WECHAT : indobet77
- SMS CENTER : +63 905 213 7238
- PIN BB : 2B65A547 / 24CC5D0F

Salam Admin ,
http://indobet77.com/

Ria Hawila mengatakan...

Salam kenal sist. Baru liat nih blognya, setelah baca ternyata mirip banget sama aku kesukaannya sist, hobi koleksi komik novel dan majalah dari jaman dulu sampai sekarang. Beruntung dulu masih sempat dapat beberapa bundel bobo jadul yang tahun 70-80an, tapi sayang yang tahun 90an blom dapet. Saking hobinya koleksi sampai belom sempat kebaca semua tuh seluruh komik, novel, sama majalah2 koleksi saya hehhehe.
Dari buku buku yang sist tulis juga saya lagi giat kumpulin lagi, terutama Tini yang paling susah dicari, untungnya gramedia terbitin ulang lagi bukunya walaupun gak se oke yang jadul tapi lumayan daripada gak dapat.
Kalau sisipan bobo yang dibahas diatas juga sudah saya baca semua dan hampir semuanya punya, dan suka banget dengan cerita2nya.
Satu buku lagi yang belum sist bahas mungkin nggk ingat atau memang nggak tahu, buku yang berjudul rose selarose itu juga bagus2 ilustrasiny loh. Dan amat sangat susah juga nyari yang jual.
Thanks banget ya info blognya sist, jadi bernostalgia nih sampai panjang curhatan saya hehehe.

de asmara mengatakan...

ihhh senengnya kalo ketemu sesama penggila komik/novel jadul ^^ sama kok, aku jg ga semuanya lgsung dilahap habis, pelan2 dinikmatin n sukur2 masih banyak stok yg jarang/belom kebaca sampe masa tua nanti. Jd kan lumayan ga bengong n bingung mo ngapain pas udh jd nenek2.. (jangan kagum, saya emang visioner bgt orangnya)

yg disebutin itu yg ros-rosan jujur aku ga tau. Kadang suka nemu sih buku2 yg sejaman dg masa kecil n bagus2, tp kalo pas masih kecilnya aku blom pernah baca itu ga bakal aku beli meski bagus, krn niatnya kan nostalgia (dalih orang bokek hihi...)

oke Ria, salam kenal yaaa ;)

mizzyu mengatakan...

Senang bgt bc blognya eeehhh... Ngenang masa lalu bgttt ^-^ jdi pengen balik k zaman dolo. Dmn membaca jdi hobi paling menarik sedunia... Haha... Secara beloman ad gadget... Duh, sangat ngangenin nih. Bobo en novel detektifnya. Aq dulu ikutin 5 sekawan sih... Ah y, komik sisipan nie, jdi pngen bacain lgi deh. Dulu inget judulnya ad Maria & September. Ada jg yg pelari, tpi menderita sakit apa gitu yg g boleh kna sinar matahari. Trus ad jg yg pas pindah ke rumah baru, tiap tdr, mimpi telempar ke zaman jadol. Jdi pembokat en disiksa. Anehnya, siksaanx tebawa ke badannya tiap bangun tdr... Hiyyy, mistik... Tpi pokoke, semua bgs2... Kangeeennn... ^-^

de asmara mengatakan...

wah kalo tau 5 sekawan berarti kita sejaman ya?! hihihi... 80-90an emang masa2 asik terakhir utk hidup sbg anak2 or remaja, ya gak sih? saat gadget n teknologi canggih blm merajai (plus meracuni) kehidupan sehari2.

sisipan yg kamu ceritain itu saya inget2 lupa deh, nti coba cari ah judulnya. Soalnya kynya sih itu era saya udh gede bgt, jangan2 pas udh SMA, jd udh ga gitu ikutin lg deh sisipan Bobo nya. Tp menarik sih kynya, jd pengen hunting jg yg kamu sebutin td :D

queenaraya azwa mengatakan...

wah, ketemu blog yang bahas bacaan jadul. berarti kita seangkatan ya. saya sih gak koleksi, kebetulan ingat sama komik sisipan Bobo "Ratu Palsu", iseng mampir dimari. aku juga dulu langganan majalah Bobo, trus temanku langganan Ananda. jadinya kita selalu tukeran baca. kalo novel detektif kesukaanku dulu lima sekawan dan trio detektif. trus dulu ada novel petualangan yang kita bisa putuskan sendiri endingnya, apa ya namanya? ada juga komik "Deni Manusia Ikan".trims ya, jadi nostalgia.

de asmara mengatakan...

haii Azwa ^^ seru ya masa kecil kita dulu! btw "Deni manusia ikan" itu jg awalnya cerita bersambung di sisipan Bobo. Baru akhirnya diterbitin kepisah jd komik sendiri.

iya suka bgt itu yg nentuin sendiri langkah selanjutnya. 5 Sekawan & Trio Detektif saya jg doyan, malah ini masih punya poster "5 sekawan" hehe... yg salah 1 anggotanya namanya Georgina tp krn tomboy bgt maunya dipanggil George kan?

trims balik ya, Seneng kl ketemu yg sama2 penikmat baca'an era 80-90an ( ,^^)/\(^^, ) *tooss*

Nizar Zaenal mengatakan...

buat MIZZYU (aneh bngt namanya hohoho...)cerita yg kamu ceritain itu tentang jadi pembokat disiksa terus lalu kalo mimpi terlempar ke zaman zadoel, ceritera itu judulnya BELLA BELLINDA terdapat di majalah bobo thn 1993 (gue punya loh episode 1 s/d 6 tamat)

Nizar Zaenal mengatakan...

De Asmara, kok nyeritain cerita buku harian penari baletnya gak sampi akhir alias cuma sepotong (sinopsis kaleeee)...
ttapi gue tau kok kelanjutannya (yah bocor deh),,,
balerina tua itu ternyata ialah seorang wanita jahat dari jaman dahulu kala, waktu dia ketemu mike, dia dia itu dalam wujud ita stasia (ita stasia itu ialah sebenarnya MAROVIA)marovia itu bersekutu dengan semacam setan gitu loh supaya dia gak pernah mati yaitu dengan mengambil jasad wanita2 muda,marovia akan mencari jasad wanita muda yg baru bila dia sudah tua dam mau meninggal, sudah banyak jasad2 cewek2 muda yg dia pakai atau ambil dngn iming2an jadi penari balet terkenal, padahal sebenarnya penari2 balet terkenal itu ialah marovia, sementara jiwa2 wanita2 muda tersebut udah meninggal karna udah dia pindahin ke tubuh dia yg sebenernya udah tua, dan jasad terakhir yg marovia pakai ialah jasad ita stasia setelah jasad ita stasia udah tua dan mau meninggal dia nyari korban cewek muda yg baru untuk di pakai oleh dia,,, yaaaa sasarannya itu si MAIKE, tapi sayang usaha ita stasia/marovia itu gagal karnakeburu di cegah oleh maria, dengan cara kotak musik yang jumlahnya ada dua itu di hancurin, jadi jasad maike yg sudah ditukar dengan ita stasia yg udah nenek2 itu kembali pada maike dan jsad ita stasia itu kembali pada marovia, pas sekali pada saat itu ita stasia meninggal karna tua... jadi deh marovianya juga meninggal selamanya bersama jasad ita stasia tersebut,(gue punya cerita itu didalam bundelan majalah bobo gue tahun 1987.)ngerti Ora..??? hohohoho....

de asmara mengatakan...

Ih maap yaa baru liat komennya, jarang2 buka blog soalnya skrg 😥 btw salam kenal Nizar.. mau dong liat si Bella Bellinda, kaya apa ya wujud n gambarnya? Samar2 agak ingat ceritanya sih, cuma gambarnya lupa. Bisa tolong fotoin bbrp halaman ga, trs tolong kirim ke tupannam@yahoo.com ? Atau, mmmm...kamu jual ga koleksinya? Hehehe

de asmara mengatakan...

Lengkap kali bah!😁😅 Ngerti doongg... pokoknya keren bgt ide ceritanya ya! Ga pernah bosen baca berulang2 jg

Nizar Imran Zaenal mengatakan...

hai gue baru nongol lagi nich, gimana udah dapet belum "bella belinda"nya? rugi loh kalo gak punya hehehe... dijamin kisahnya bikin brabai-brabai hehehe...kalo belum dapet, coba kunjungi blog aku, lalu klik "view my complete profile, disitu kamu bisa lihat Cergam Bella Belinda di salah satu postinganku, plus "sinopsis" (promosi buku kali), kalo kamu kolektor kelas Kerrrrrrrrrrrras... pasti kamu gak bakal lewatin hal ini He3x....

Ri2s mengatakan...

Aku seneng banget lihat post mu yang ini. Zaman masih sekolah, tiap Kamis menanti papa pulang kantor bawain majalah Bobo. Kadang kalau sisipannya lagi seru, udah ga sabar baca bagian tengahnya!
Komik jadul emmang paling OK. Thanks for bringing good old time memories back!Luvluv

My Society View mengatakan...

Waaaaw mbaaaaak keren bangeeeettt koleksinyaaaa. Bisa nggak dapet copy-nya mbak? Aku pengen banget L4A, Kita Takkan Berpisah, Rahasia Babbette. Punyaku hilang, hiks. Aku di bandung, mbak di mana? Tengkyuuuu

Duan Dee mengatakan...

Yaa ampuuunn... Blog ini bener2 such a treasure! Thanks super much! Udah 30-an tahun kali ya sejak gw pertama baca "Kebun Rahasia", "Diary Penari Balet" dkk, tapi cerita & ilustrasi memukaw komik2 itu terus menggurat kesan & kenang yg sangat kuat d memory.. sampai akhirnya gw iseng2 googling; eh nyangkut d blog ini.. oh *rada speechless deh.. :-) sekali lg, thank:-)

Salam,
Duan

De Asmara mengatakan...

heyy Nizar, mau donk Bella Belinda nya! katanya mau cariin buat saya..hehe..

De Asmara mengatakan...

sama mba Riris, saya jg hampir selalu yg dibaca pertama tuh cerita sisipannya yg di tengah.
You're very welcome ya mba, 80s n 90s are the best, right??��

De Asmara mengatakan...

halo salam kenal, saya di Jakarta. Copy nya dlm bentuk apa nih maksudnya? soft copy atau hard copy mba?

De Asmara mengatakan...

semacam nempel kuat2 di otak ya mas? hehe. Sama, sebelum saya mulai hunting koleksi ini pun semua cerita n gambarnya melekat kuat dlm ingatan slma puluhan taun, jadi aja hepi ga ketulungan pas beneran nemu wujud fisiknya satu per satu. Salam jg mas Duan :)

Posting Komentar