12 Sep 2012

Saat hamil Bakpao


Dulu yah, ada 1 kalimat seragam di kantor tiap ada anak baru yang tau saya udah punya anak. "Hah? Udah punya anak toh?! Iiih ga keliatan lhoo..." (Cia cia ciaaa...!! Napak Deess... napaaakk...) Ya iya lah ga keliatan, anaknya ditinggal di rumah kok.

Saat hamil anak kedua yang berjarak hampir 5 tahun dari hamil pertama, udah pasti banyak bermunculan anak2 baru lagi di kantor, yang 1 departemen dan yang bukan.

Pas liat perut saya mlendung, komentarnya lucu-lucuuu deh adek2 yang masih pada fresh2nya lulus kuliah ini.
"Deg2an gak mo lahiran anak pertama?"
atau
"Ya ampun ternyata udah nikah ya? Kirain masih sekita-kita juga!"

Dan untuk mendramatisir suasana, udah barang tentu saya jawabnya gini,
"Ooohh... ga gitu deg2an lagi sih, secara ini udah anak kedua."

"HAAA? Anak kedua?!!"

Yes! That reaction would do! Hahaha.... (respon pembaca: baiklah Des, jika itu bisa membuatmu bahagia)

Tapi ga ada yang ngalahin anehnya saat ada fasilitas bikin SIM di kantor tahun lalu. Pas nyampe ke bagian tes pengetahuan lalu-lintas untuk menentukan kita lulus/ ngga dapet SIM, ada 1 polisi muda kan tuh ya yang ngawasin para peserta di mobil berisi beberapa belas komputer buat tes itu. Saya disuruh duduk di komputer yang posisinya di samping dia, dan dikasih tau semua jawaban yang bener :P

Pas hampir kelar tes, Toni (anak Graphixity juga) jemput saya di bawah pintu mobil yang gede banget itu.

"Pacarnya ya mbak?" tanya si polisi.

"Idiiiihh..... Siapa pacar? Itu Toni, maaasss!!!"

Rrrr, seakan2 Toni tuh terkenal banget sampe ke Polda Metro Jaya  (" -___-)

"Oohh, kirain.  Si mbaknya udah punya pacar gak tapinya?" sambung si polisi muda itu lagi dengan centilnya. Mata saya nahan melotot. Ini saya lagi hamil 6 bulan ini pak Polisiiii.....!! Apa belom kentara gitu? Perasaan udah nyaingin perutnya Nofal dah.

Tapi untuk nyenengin hatinya, n sebagai balas budi udah kasih contekan, maka saya pun menjawab dengan manis sambil turun dari mobil "Nggak kok, nggak punya pacar." .................... punyanya suami sama anak 1 di rumah, sambung saya dalam hati, hihihi. Sambil buru2 ngibrit karena si polisi itu udah mangap lagi. Suaranya keburu sayup2 karena saya ngga nengok2 lagi setelah kabur.

Cuman hamil kedua ini emang rada ajaib. Kalo pas hamil Kalum dulu sampe 9 bulan saya masih bisa jalan dengan ringan & ngebutnya, naik turun bis pulang kantor kalo pas gak dijemput Gembul (colongan, kalo ketauan Mbul yang udah kasih uang taxi bisa dijitak). Nah... pas hamil si Bakpao ini baru 2 bulan aja napas udah ngap2an dan jalan udah ngegang!!

Iya! Jalan yang kaki rada ngangkang gitu sambil tangan nahan2 perut. Padahal pas ngelongok ke bawah, eh perutnya masih rata. Suka ga nyadar dan jadi tontonan masyarakat.

Pas masih 7 bulan sih masih relatif nyaru, sampe2 pas mo urus cuti lahiran orang2 HRD kompakan nengok semua ke saya dan nanya "Lah? Emang kamu lagi hamil ini??"

Tapiiii... pas mulai masup 8 bulaaann.... Bum! Bum! Bum! Tau2 perut membuncit dengan cepatnya!

Ini semua gara2 mami saya yang ngerasa hamil saya terlalu kecil pas 6-7 bulan, akhirnya saya dipaksa untuk terus dan terus makan semua yang bisa ditelen, dah serasa sapi gelonggongan. Kalo keliatan mulut saya lagi nggak ngunyah pasti diomelin. Akhirnya pas 8 bulan mami baru ngerasa puas dengan hasil karyanya, berupa anak perempuannya yang menjelma jadi ondel2...

Dan dengan perut yang udah mo meledak gitu, suatu hari di kondangan nikah tetangga, ada sekelompok orang yang asik bisik2 gitu, trus panggil2 saya.

"Desyyy.... sini deh." trus perut saya diraba2 "Lagi hamil ya? Pasti lagi hamil deh!" tebaknya dengan tampang penuh selidik ala-ala ibu2 komplek yang nemuin gosipan baru.

"Iya Kak, udah mo 9 bulan."

"Tuuuhhhh kaaannnn!!! Beneeerrrrr!!" tiba2 dia teriak bangga ke temen2nya yang pada manggut2 "Saya emang udah duga dari pertama liat kamu tadi! Desy kayak2nya lagi hamil nih! Bener kan sayaaa....!!"

Saya meringis mandangin perut saya yang saking bunder sempurnanya sampe seluruh bahan baju ketarik ke arah perut semua. Apa mereka punya spekulasi saya busung lapar apa gimana sih? Kok liat perut bengkak udah mo lahiran begini bilangnya masih "KAYAK2NYA kamu hamil deehhh..." dengan sok jeniusnya.

Asli, saking gedenya, pas udah 9 bulanan saya maen ke kantor buat urus surat2 resign, semua orang yang saya lewatin sampe pada nengok semua dengan tampang shock "Eh itu barusan apa'an ya yang lewat? Orang apa gajah sirkus?"

Bahkan Najwa Shihab aja yang tadinya lagi jalan buru2, pas matanya tertambat di perut saya, jadi refleks belok dan pencet2 perut saya sambil cekikikan "Ya ampuunn... kamuu... hamilnya...." *udah cela aja Mba Najwa, celaaa....!! Saya udah mulai menikmati kok*

Well, mengesampingkan hal2 konyol tadi, sebenernya part yang paling saya suka dari hamil adalah berbagi pengalaman tentang melahirkan ke orang2 yang belum berpengalaman.

Suka aja ngasih semangat ke cewek2 bahwa melahirkan itu ngga seserem yang selalu digambarkan selama ini. Sementara seneng aja kasih wejangan ke cowok2 tentang betapa itu perjuangan hidup mati yang luar biasa pedih!! *lambang PKI muncul sekilas*

Bingung? Seterah.

Ya wajar dong saya ga mau temen2 perempuan saya pada trauma duluan dan nanti jadi parno buat lahiran?

Sementara itu juga wajar dong kalo saya juga pengen teman2 cowok saya meresapi perjuangan pasangan/calon pasangannya kelak. Biar mereka lebih menghargai perempuan.

Naaa, itu semua selalu berjalan lancar saat percakapan berjalan terpisah, Hingga suatu ketika, di ruangan Graphic yang tadinya cuma 1 orang temen cewek yang nanya2, ee lama2 pada ngerubung rame banget, yang cowok dan yang cewek.

Begini ujung percakapan yang kacau itu.

Saya: .... blaa bloo bleeehh.... jadi gituuu, ga serem2 amat kok. Biasa aja kayak mules2 mau pup doaang!

Cewek2: Yang bener, mba Des? Berarti yang di film2 itu bo'ong ya?

Saya: iyah, lebay itu

Cowok2: Ternyata nggak segitunya amat ya, kenapa sih kalo gitu digambarinnya dahsyat banget?

Saya: *belokin korsi ke arah cowok2* Enak aja nggak segitunya! Sakiiitt tau nggak lo, kayak mo mampus! Ga bisa digambarkan! Kayak 100 penyakit jadi satu!

Cewek2: *histeris sambil nutup muka!* Aaaa!! Sereeemm! Sakit banget ya ternyata?!

Saya: *belokin korsi lagi ke arah cewek2* Yah gak juga siih, kan tadi gue udah bilang ga segitunya amat. Ngeden dikit, nnggkk.... nnggkk... tau2 brojol...

Cowok2: Laaahh, jadi sakit ga sih sebenernya? *mulai bingung*

Saya: YA LO BAYANGIN AJA SEKARUNG BERAS 3,5 KILO KELUAR DARI BAWAH LO! SAKIT GAK KIRA2?? MAKANYA HARGAI KAUM PEREMPUAN...!! *sewot*

Cewek2: Astaghfirullaaahhh...! Aku gak mau ngelahirin ah mbaaakk!!

Saya: Eh? Lho? Bukan gitu. Yaaa.... Aduuuhh besok kalo nanya jangan bareng2 dehhh .........


Hihihi. Iya, bo'ong kalo saya bilang nggak sakit. Apalagi pas mo lahirin si Bakpao ini, udah buka'an sempurna, eeehh saya disuruh tahan-tahan terus ga boleh ngeden sama suster2nya karena Dokter Obgyn saya kejebak macet dan telat nyampe Rumah Sakit. Masya Allaahh...... itu rasa sakitnyaaa.... laahh kok malah jadi nakut2in lagi? >.<

Tapi yang jelas girls, ladies, moms-to-be, semua perjuangan dari awal hamil sampe lahiran, subhanallaaahh hilang semua rasa sakit begitu si malaikat kecil udah berhasil lahir dengan selamat. 

It was worth all the pain... :' )





Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

6 komentar:

Dewi mengatakan...

Kalau lahirnya udah 3.85kg gitu...enak gendongnya...ga pake ragu2.

Ngomongin lahiran, aku baru nyadar kalau prosesnya bikin syok setelah anak ketiga. Waktu itu Wisam baru 2 minggu dan harus disinar di klinik kecil. Ada poster yang dipampang isinya foto-foto tentang proses melahirkan. Liat foto2 itu beneran bikin syok. Betapa Ms V bisa melar segede ituuuh....huwaaaa...langsung stresss...

Untung udah ngelahirin tiga....

KESIMPULAN:Bagi calon ibu, jangan pernah browsing tentang proses melahirkan.PERIOD.

de asmara mengatakan...

Naahh, bener! Aku juga loh, pas lagi mules2 kontraksi gitu, di samping kiri aku percis, ditempel gambar2 proses melahirkan. Hiihh, syeremnyaa... lebih serem liat gambar gitu ya ketimbang proses yg kita jalanin sendiri? Sampe skrg aja aku ga berani liat rekaman video aku melahirkan Kalum dulu.

Pokoknya prinsip aku mah, lebih fokus ke hasil akhir aja, mo liat baby-nya lahir, jadi ngerasa kuat dan semangat. Sambil tentunya zikir terus...

btw Mbak, kok komen aku di blog mbak Dewi yg tentang khitanan menghilang sih?

Awan Diga Aristo mengatakan...

Ckckck... kirain sy doang yang hiatus sampe taunan :))
selamat menulis lagi mbak. salam buat bakpaonya :D

ita mengatakan...

jd sakit apa nggaaaaa?!?!?!?!?!?!

tips dong tipsss mbak'e.. :p

lightgiov mengatakan...

lucu....

Pengobatan Penyakit mengatakan...

Setiap anak itu memiliki peristiwa yang beraneka ragam ya pas mengandungnya ..

Posting Komentar