29 Okt 2012

U P I L

Bangun tadi pagi, buka 2 sms di HP yang isinya sama, satu dari Mas Gun, satu dari Rifki:

Innalillahi wa inna ilaihi roji'un. Telah meninggal dunia dengan tenang sahabat kita Yusfi Cahya Adilla jam 7.00 tadi pagi. Bagi yang ingin ikut melayat, kumpul di kantor jam 10

Gue ga  bisa menggambarkan betapa shock-nya baca sms itu. Elo meninggal Pil?! aahahaa... ini pasti April Mop! eh, Oktober Mop?? Kamvreettss, becanda'an anak Graphixity makin lama makin busuk dah perasa'an...


Tapi kalo bicara tentang lo Pil, berarti bicara tentang sahabat gue yg pertama di Metro TV, benar2 sejak awal gue masuk tahun 2004.

Semua tiba2 berkelebatan dengan cepat dalam benak gue.

Saat lo sering tau2 dateng ke rumah sama Kijang butut lo itu buat nyulik gue jalan2, trus kita jemput anak2 Graphic laennya di kost2an mereka.

Saat tangan gue pernah keriting gara2 dua kali lurusin rambut lo pake obat Makarizo.

Saat gue bantuin bungkusin kado lo yg jumlahnya kodian itu bulan puasa ujan2 di rumah gue, buat ultah cewek yang lo sukain.

Jadi inget lo selalu nemenin nginep di kantor tiap gue dapet shift 3, di awal Metro TV nerapin shift 3 buat graphic taun 2005 dulu...


Inget pagi2nya pas gue mesti mandi di toilet kantor, lo pegangin pintunya dari luar buat jagain karena tu pintu ga bisa dikonci.

Inget maen masak2an rame2 sama anak2 Graphic di rumah Rendra.


Inget kita ke Karimun Jawa akhir tahun 2005 sama Ocha dan Dirman. Lo yang sebenernya lagi diopname di RS karena typhus, dengan gebleknya nyopot infus dan ngotot ikut kita2 ke Karimun, kabur dari Rumah Sakit.


Inget banjir awal taun 2006, kita semua nginep di kantor tidur tumpuk2an, tapi kita berdua sempet sok nekat mo menerjang banjir dan turun ke bawah. Lo pasangin plastik di sepatu gue biar ga basah, dan hasilnya....... bagus kita gak kelelep! Karena banjirnya ternyata nyaris sepinggang dengan arus yang kenceng banget! Dan kita berdua stuck di di depan mushola selama 1 jam sambil cekikikan melihat hasil aksi sok heroik kita itu, akhirnya pulang ga bisa, naek ke atas lagi juga gak bisa...


Inget lo pernah sengaja bongkar PC yang gue pake dan lo jelasin satu-persatu fungsi itu segala onderdil di dalemnya sampe gue ngantuk, cuma gara2 gue yg hobi teriak "HAAAAANG! PIIILL, KOMPUTER HAAANGG!! TOLOOOONGG.....!!!"
"Biar lo ngerti Desss, kalo begini mesti diapain, jadi ga perlu panik." Ya Pil, sbnrnya sih bukan panik, tapi males manja group aja, berhubung banyak yg bisa diandelin di ruangan, terutama kalo ada lo si Mister serba bisa.


Inget lo satu2nya temen yang rajin nemenin gue jalan2 ngelilingin kantor saat hamil Kalum dulu, karena katanya kalo lagi hamil kudu banyak gerak. Kita jalan muterin seluruh gedung sambil ngobrol ngalor ngidul, santai.... gak inget kerja'an.... serasa ponakannya Surya Paloh :D 


Inget saat gue masuk shift malem dan gue nangis di ruangan pas dapet kabar Kalum sakit, lo yg lagi tugas langsung bilang "Ayok, gue anterin pulang sekarang!"


Inget betapa serunya kita kalo udah ngebahas segala sesuatu? Film, sejarah, filsafat, Aikido, agama, kehidupan, apapun. Dan ujung2nya gue selalu stress denger kalimat lo yg suka muter2... "Bagaimana kita ini berpikir, tanpa kita harus berpikir".... nah, itu misalnya, salah satu kalimat andalan lo.


Inget saat lo sedang asik2nya ngorok di pojok ruangan trus gue suka tau2 membekap kepala lo pake jaket sampe lo kebangun gelagepan ga bisa napas. Hehehe.


Inget betapa jadi hiburan lenongnya kita bagi anak2 Graphic kalo kita udah mulai perang mulut untuk hal2 yg (pastinya) gak penting dan ujung2nya pasti cela2an deh dengan parahnya. Anak2 Graphic yang relatif baru pasti nyangkain frenemy gue adalah Toni, tapi anak2 lama tau pasti that you and I are the true frenemies :' ) 

Gue baru aja mau cerita soal film "The Legend of 1900" yg gue tonton berulang2 di HBO. Gue mau cerita Pil, seperti biasanya kalo salah satu dari kita abis nonton film yg kita anggap bagus. Lo dimana Pil? Gue udah niat banget cerita dari kemaren2 dan belom sempet2.

Besok gue masuk kantor.... besok lo masuk apa? Ah ya, lo kan Supervisor, ga ikut shift. Datang suka2, pulang suka2. Nginep 3-4 malem di kantor bukan hal yang aneh buat seorang Upil. Ngga heran segala baju, kaos kutang, cangcut, perabotan mandi lo, semua lengkap di ruangan Graphic. Sampe2 kita semua bilang, sebenernya ruangan Graphic tuh kamar kost-nya Upil, anak2 semuanya cuma numpang di sini.


Ngambil cuti, eeeh cutinya diabisin dengan maen2 ke kantor daannn..... kerja! Dengan cengengesan lo yang khas itu nongol di pintu ruangan Graphic "Hehhehe.... gue lagi cuti nih....".

Mungkin gaya hidup lo itu juga yg akhirnya ngerusak badan lo Pil.

Di mata gue, dan juga kebanyakan temen2, lo adalah orang yg tidak pernah mengeluh. Orang yang paling tidak pelit ilmu. Orang yang kapanpun dimanapun siapapun sedang butuh bantuan, lo pasti datang buat nolong. Orang yang gak pernah bisa marah. Orang yg dengan diamnya aja di pojokan, udah bisa tampak lucu dan lebih menghibur dibanding Srimulat. Orang yg luar biasa mengabdi sama hal2 yg dia cintai, terutama keluarga dan teman2.


"Gara2 elo tuuuh..... semua orang jadi manggil gue Upil." Sungut lo suatu hari, saat satu Metro TV semuanya ga ada lagi yg manggil lo pake nama Yusfi. Buat kenang2an ya Pil. Nama panggilan kesayangan dari gue dan Ocha tuh. Pilihan terbaik dari 2 alternatif nama panggilan lain--> Bo'im dan Mimin.



Lo bagaikan malaikat (yang menyamar dalam wujud Boim) buat gue. Dan andai semua persahabatan gw sama cowok2 lain ga bisa berlanjut karena gue menghargai permintaan suami, hanya sama lo lah gue yakin satu2nya persahabatan lawan jenis yang ga mungkin terputus, karena..... karenaaa.... yah apa juga sik yang mo dikhawatirkan?? Hihihi. Enggak ding, ya karena suami gw juga udah anggep lo kayak Mimin, eh kayak sodara. Jadi kebayang lah kalo kita bakal langgeng sahabatan sampe kelak lo yang jadi pembicara kehormatan dari pihak keluarga gue saat Kalum nikah :')


Terlalu muluk ya? 


Harusnya engga Pil, andai aja SMS pagi ini murni cuma becanda'an kalian. 


Bukannya kata anak2 malemnya lo masih masuk kantor dan becanda2 bareng mereka? Bukannya baru beberapa minggu lalu lo traktir gue jus karena lo ultah? Bukannya baru beberapa hari lalu kita makan sushi rame2 di Sushi Joobu sama anak2? Bukannya terakhir sebelum libur ngantor gue liat elo keluar masuk ruangan dengan jaket merah kebanggaan lo itu, tapi...... sayangnya kita gak bertegur sapa, karena gue lagi mabok berat dengan kehamilan gue.


Pil, andai gue tau itu ketemu kita yg terakhir.....


Kata orang, selalu ada pertanda.... beberapa saat sebelum orang2 dekat kita 'pergi', entah kita sadari atau tidak.


Sebulan sebelum lo pergi, tau2 aja lo traktir seluruh anak Graphic makan2 di Ampera. Saat ditanya dalam rangka apa, lo -seperti standarnya- cengar cengir sambil jawab "Nggak ada! Sumpah gak ada apa2. Gue cuma pengen nyenengin kalian aja. Emang ga boleh?". Hampir semua anak Graphic dateng, kita semua becanda2, ketawa2, seneng2, dan elo banyakan mesem2 aja di pojokan liatin kelakuan temen2 lo, Pil. Seakan2 lo ingin berkumpul sama sahabat2 lo untuk yang terakhir kali. 


Dan sebulan sebelum lo pergi juga, lo cerita pagi2 ke gue, kalo 2 malam sebelumnya saat lo sendirian di ruangan Project malem2 lagi tugas, lo ngerasa seperti ada almarhum Bokap  berdiri di samping lo. "Jelas banget itu, Des. Di samping gue persis. Tapi pas gue nengok, nggak ada apa2..." cerita lo saat itu. Well, mungkin itu bener bokap lo Pil, yang bersiap menyambut kedatangan lo ke dunianya dalam hitungan hari.


Terakhir, malam sebelum lo wafat, lo upload foto di facebook. Foto Alex sama Adit yang sama2 pake baju kuning padahal ga janjian. Anak2 pada becandain kalo itu sebuah pertanda, dan lo juga ikut becanda2 balesin komen anak2, tanpa tau paginya pertanda itu akhirnya benar2 terjadi.




Ah, Piill... Pil... kenapa sih lo jadi orang yg sebegitu gak pedulinya sama kepentingan diri lo sendiri, termasuk kesehatan lo? Seumur hidup lo diabdi'in utk Nyokap, adik2, dan ponakan lo, juga untuk kantor dan semua temen2. Kapan lo ngurusin diri lo sendiri? Mungkin ini cara Tuhan untuk 'memaksa' lo beristirahat Pil...


Maafin semua kejailan2 gue selama ini ya. We did have lots of fun moment together, rite? Love you, big bro, and abso-f*ckin-lutely gonna miss u for the rest of my life. May peace be upon you :' )

__________________________________

Menulis ini tahun lalu. 
Malam, 16 Okt 2011, setelah siangnya berdoa di hadapan jasadmu, sahabatku.
__________________________________



Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 komentar:

Tanti Kursyaf mengatakan...

des...
ngilu hati gue bacanya. tapi akhirnya lo posting juga yah tentang mas upil :')
mudah-mudahan dari jutaan follower lo yang baca mereka semua turut berdoa buat mas upil. bos yang gak pernah marah, sekalipun sama Johan degan kebiasaan ngaret super kronisnya itu.

mas upiiiiiiil....VIRTUAL NGE BLACKKKKKKKKKK!!!
kangen banget mas T_T , cuti kok gak kelar-kelar sih :p

de asmara mengatakan...

iya, Upil kemaren bilang jatah cutinya dah abis, Gimana gak abis, cuti ampe setaun!! Dia mo resign aja, skrg kerja di Dubai, Tan. Hehe, masiiihh aja denial !

sama Johan kl telat, dia cuma bilang "Udah pulang aja sono..." dan Johan pun benar2 pulang -____-

Juminten mengatakan...

Speechless.
Mendadak keinget Pak GM ku yg meninggal sekitar 1 tahun yg lalu juga.
:'(

Tanti Kursyaf mengatakan...

Des...bisa selengkap itu sih ceritanya, dari mulai g kenal Upil sampe dia diistirahatkan Tuhan (mengutip Dessy), tergambar apa yang sudah dia lakukan untuk kita semua...Yah...memang perbuatan kita lah yang akan dikenang dan diinget selamanya. Dan memang ini yang akan kita bawa menghadap Tuhan kita. Terima Kasih Sensei Upil, terima kasih Des. (Nuryadi ...numpang ya Tanti hehehe)

Obat Penghancur Batu Empedu mengatakan...

Baca artikel di atas jadi inget almarhum ayah yang perginya sangat tiba tiba dan sampai saat ini saya pun masih merasakan kalau beliau masih ada dalam lingkungan ini ..

Posting Komentar