13 Okt 2008

I miss u, bik


Tiba2 kok gw teringat salah seorang PRT yang pernah kerja di keluarga gw dulu ya? PRT yang membuat gw terkenang2 ini sekarang entah berada di mana hutan rimbanya (dianggep margasatwa, apa?). hidup matinya juga gw nggak tau. Sedih kalo inget beliau...ceilee...sekarang aja ’beliau’, dulu disiksa lahir batin. Emang dosa gw segunung sama dia.


Namanya bibik Wati. Ya, cuma secomot itu namanya. Wati. Orangnya meski udah setengah tua, setengah bangka, tapi bodinya sterk dan masih gagah. Bahkan bisa dibilang masih oke, loh! Gw sering liat dia mandi, hehehhe. Bukannya ngintipin, tapi emang dianya aja yg sering mandi nggak ngonci pintu. Mungkin berharap ada Prince Charming yang buka tu pintu dan mergokin dia mandi, trus ngajak kawin. Sayangnya, gw lagi gw lagi ajaaa...yang ketiban mergokin.


Bibik ini ikut keluarga gw dari gw masih bayi. Dia yang ngurusin gw pake tangannya sendiri. Ngapa2in pasti sambil gendong gw pake selendang (jaman dulu nyebutnya ’samping’). And biar leluasa kerja, gendongan gw diputer ke arah belakang, jadi muka gw tepat di keteknya dia. Kata nyokap, ”Eci ini anak bibik banget, paling anteng kalo digendong sama bibik. Apalagi kalo gendong model diketekin, pasti langsung tidur..” Jelas aja, orang dikepit di ketek gitu, ya langsung pingsanlah gw sebagai bayi yg masih ga berdaya!!


Ga sampe di situ aja ’keakraban’ kami berdua. Menurut hikayat, gw ini kecilnya suka nangis histeris tanpa sebab dan nggak berhenti2. Orangtua gw suka bingung, takut anaknya liat sejenis makhluk2 halus. Dan di sinilah sang bibik beraksi! ”Monyet, siah!! Pergi, setan! Jangan ganggu anak saya!! Pergi, Monyet! (sebenernya monyet apa setan, sih bik?) jeritnya sambil gedor2 plafon pake ujung sapu ijuk. Kalo masih nggak mempan juga meredakan tangisan gw, maka akan dilakukan ritual yang paling tokcer dan direstui nyokap gw sepenuh hati, yaitu muka gw disembur pake air sirih setelah tu air dikumur2 sama si bibik sambil baca jampi2! OH MY GOOOD!!! Jelas gw ngamuk2 begitu diceritain ini setelah gede. Tapi nyokap gw membela diri dengan alasan demi menenangkan gw. Sekali lagi....ya iyalllaaaah, abis disembur pake aer kumur2 gitu gw langsung semaput, kali.. mungkin itu yang diartikan tenang sama nyokap. $&*@&


Tapi belum mencapai usia batita, bibik ini tau2 berhenti kerja dari tempat gw. Baru balik lagi pas gw kelas 1 SD. Sejak itu dia ikut terus berpetualang sama keluarga gw yang pindah2, dari Jakarta, Bandung, keliling Kalimantan, dan akhirnya balik lagi ke Jakarta. Dan sepanjang itulah bibik ini gw dera terus menerus dengan siksaan, HAHAHAAAA...eh, maksud gw ; Astaghfirullahuladziim, ampuni hamba ya Allah, dulu masih kecil, belum tau mana yang baik mana yang buruk.


Tapi bibik ini emang kadang nyebelin juga, sih! Orangnya pemarah, tampangnya ga pernah disetrika, kusut terus, kalo ngomong suka kasar. jadi wajar aja kalo gw sebel. Kalo dia capek abis kerja seharian dan mau istirahat sebentar sambil nonton TV, langsung gw halang2in biar ga keliatan TVnya. Pertama dia pikir mungkin gw nggak sengaja, trus dia coba geser ke kiri, gw ikut geser ke kiri. Dia geser ke kanan, gw ikut geser ke kanan. Pokoknya tuh aksi baru berhenti kalo bibik akhirnya sadar gw sengaja dan dia pun bangkit dari duduknya sambil misuh2. hehe, gw pun nyengir penuh kemenangan.


Atau kalo dia mau nonton film Kungfu kesukaannya (tadinya kesukaan gw, tapi dia ikut2an), jauh2 jam dia udah bilang, ”Sebentar lagi pilem KongKong!” aduuuh...bikin makin BT aja nggak sih? udah berkali2 dibilang ’Kungfu’, tapi tetep aja dia kekeuh nyebutnya ’KongKong’. ”Nggak ada malem ini nggak tayang!” sahut gw ketus. ”Tapi ini, teh, malem Isnen (Senin, maksudnya). Aya’ pilem KongKong!” dia balik ngotot dengan bahasa Sundanya. ”Nggak ada!”


Dan meski pun dia udah nungguin berjam2 di depan TV, bela2in nonton acara lain yang membosankan biar nggak terlewat film KongKong kesayangannya, tepat pas jamnya..’ctek!’, TV gw mati’in. Gw pun berlalu dengan santainya menuju kamar Bokap dan nonton film Kungfu disitu sambil cengengesan, karena gw tau saat ini dia pasti lagi ngomel2 di ruang TV dan beranjak tidur, karena dia emang ga berani nyalain TV sendiri. God, jahat banget gw ya? Tapi para pembaca, perlu diingatkan bahwa ini terjadi saat gw masih SD lho. Yaaa...biar para pembaca nggak benci2 amat sama saya, gitu. *nyengir innocent*


Biar imbang, gw ceritain juga sisi nyebelinnya nih bibik ya. Kalo di rumah lagi ada tamu cowok yang masih muda, wahhh....yang biasanya dia lempeng aja kalo kita2 yang nyuguhin air minum, eh ini ngotot harus dia yang bawa baki keluar. FYI, dandanan si bibik ini a la wanita2 dewasa dalam film boneka si Unyil. Berkebaya, pake kain, rambut sanggulan (bener2 pake sanggul sehari2nya, tu sanggul kalo dicopot malem2 pas dia mo tidur suka dipake maen lempar2an sama gw dan abang gw!). nah, begitu mo nyuguhin minuman, langsung deh....sanggulnya yang acak2an dirapiin, peniti kebayanya dibuka beberapa di bagian perut biar udelnya terekspos, kainnya yang biasanya sebetis...dinaikin sedemikian rupa sampe di atas dengkul!!! Buset dah si bibik, centilnya kumat kalo udah ada tamu lelaki muda!


Dan begitu sampe di meja, langsung basa basi dengan manisnya dan berlama2 ngobrol! Tentunya gw sama kakak gw yang cewek nggak akan membiarkan dia seneng2 lama2 dong! Sambil sikut2an di balik gorden, kita saling kasih isyarat dan sepakat teriak, “Biiiiik....!!!” dan terus ber’bikbik’ria sampai si bibik dateng dengan ngomel2 marah, hahahaaaa!!! Dia tau banget kalo kita manggil bukan ada keperluan, tapi biar dia masuk dan ga bisa ngelanjutin kecentilannya di ruang tamu aja! Oh God, cerita ini ternyata malah bikin pembaca makin sebel sama saya, ya?? Sekali lagi saya ingatkan, saya masih begitu lugu saat itu...


Hmm, bibik Wati... yang kalo lagi waras (dalam artian nggak lagi ngomel2) suka cerita masa mudanya mulu, dimana dia adalah sang primadona. Banyak cowok2 yang memperebutkan dia, termasuk serdadu2 Belanda. Pernah nikah sekali, nggak ada anak, dan cerai karena ribut terus. Satu2nya kenang2an dari mantan suaminya adalah kupingnya yang robek dua2nya, karena pas berantem suaminya narik anting2 yang lagi dia pake sampe copot dari kupingnya.


Bibik Wati... yang meskipun sering gw jahilin, dan sering ngomelin gw, tapi sebenernya sayang sama gw. Dia tau banget makanan kesukaan gw tuh nenas sama mie rebus. Jadi dia sering bikin kejutan, tau2 ngasih gw sepotong nenas yg gede pake garem, atau semangkok mie rebus, yang semuanya itu dia beli pake duitnya sendiri. Dia seneng liat ekspresi kegirangan gw. Dia juga paling hobi bawa oleh2 buanyaaakkk banget (satu sawah kali tuh) tiap abis balik dari kampungnya.


Bibik Wati... yang kalo diomelin sama nyokap karena ngelakuin kesalahan, pasti langsung ngeluarin bahasa Sundanya dengan tingkat kesusasteraan tertinggi, biar nggak ada yang ngerti. Bahkan kadang gw curiga, tu kalimat eksis beneran ga sih dalam bahasa Sunda? Kalo bahasa sehari2 kita masih ngerti, giliran membela diri dari kesalahan...kok kalimatnya jadi kaya’ bahasa planet?? Terkadang disertai ancaman mo berenti kerja sambil ngepakin barang2nya. Biasanya bokap gw yang nahan2, eh hari itu bokap cuek. Akhirnya bibik bener2 berhenti hari itu, disertai penyesalannya yang tertinggal dengan pertanyaan bingungnya ke PRT gw satu lagi “Kunaon Bapak teu ngelarang saya berhenti, nya’? biasanya ditahan...” ternyata ancamannya selama ini memang cuma ancaman semata. Dia nggak pernah bener2 pengen berhenti. Tapi hari itu dia terpaksa berhenti dan pulang ke kampungnya. Dan gw cuma dapet kabarnya sepulang sekolah sore itu (gw masih kelas 2 SMP), “Ci, bibik berenti tadi siang, sekarang udah nggak ada, udah pulang.” Kata kakak gw *temen seperjuangan dlm ngerjain si bibik*.

“Iya?” Cuma itu kalimat yg keluar dari gw sambil nyopot sepatu & bikini (walah!).


Sekarang gw nyesel, nggak seharusnya gw bereaksi sedatar itu. Jasa beliau gede banget sama keluarga gw, khususnya sama gw sendiri. Sayang keluarga gw nggak pernah tau alamatnya di Bandung. Seandainya bisa, gw pengen ketemu lagi sama bibik, cium tangannya, minta maaf, dan bahkan gw bersedia ngurus dia di hari tuanya (dulu juga udah tua sih), seperti dia ngurus gw dulu. gw bener2 pengen bales jasa & nebus semua dosa masa kecil gw T_T

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar