25 Sep 2009

Oleh-oleh dari mudik pt.1

Apa kabar? Hai...

Salamnya dibalik biar terasa suasana agak berbeda *beda gak seberapa, jayus iya!*

Pada kangen gak sama gue? Apa pada kesempetan ngabur 'n ga maen2 ke sini lagi mumpung gue gak nongol2?? Ih....!

Padahal, gue repot2 bawa oleh2 dari kampuang halaman nan jauah di matoa. Inilah oleh2nya, sebuah cerita. Sesuatu yg gak mungkin kalian gak suka. Kalo makanan, kan tergantung selera, repot kalo ga sesuai. Jadi mending cerita aja ya. Lagian kripik pisang cokelat yg gue beli darurat di Lampung itu ternyata gak seberapa enak kok. Rada2 pait, gak seperti biasanya. Puh, sumpah ga enak! Biar buat anak2 kantor aja, mereka mah di kasih bungkus kacang juga tetep dikunyah kok.

Gue mulai ya... *ambil ancang2 dan kuda2*


Yak! Jadi gue ini adalah wong Plembang, wong kito gilo galo. Suku Palembang tepatnya, meskipun kampung gue TIDAK berada tepat di kota Palembang, melainkan berpuluh2 kilometer (apa beratus2 ya? blom pernah bawa penggarisan kesana) sebelum kota Palembang, yakni kota Martapura. Enngg... kota apa kabupaten ya? Jangan tanya gue, sumprit gue gak ngerti. Yg gue tau pasti dan dibrain-wash sama Nyokap Bokap gue sejak lahir hanya satu: "Kau tu uwong Plembang. Mengan mpek2 sano!!" maka gue pun percaya lahir batin. Walau sempat ditentang mati2an oleh seorang teman gue yg juga orang Palembang, dia bilang "Bukan! Lo bukan orang Palembang! Palembang itu di kotanya, sedangkan lo tinggalnya di Martapura, itu bukan Palembang. Jadi lo bukan orang Palembang!"

Weleh weleehh... kendalikan dirimu, kakak kedua. Pertamo, kata 'orang Palembang' itu mengacu ke suku, bukan tempat. Semua orang Sumatera Selatan adalah orang bersuku Palembang, meski dia tidak tinggal di kota Palembang itu sendiri. Keduo, yaahh gak papa juga sih andai gak diakui sebagai orang Palembang, nggak mau mempertahankan2 amat. Gue bukan tipikal orang yg suku-minded. Yg jelas, gue orang Indonesiaaa... \(^,^)/

Perjalanan dimulai jam 1/2 5 subuh tgl 18 September, dari rumah menuju Pelabuhan Merak. Kami konvoi 3 mobil: mobil 1 > Kijang lama, diisi oleh keluarga Om Cu (om gue yg termuda), mobil 2 > Innova, diisi oleh mas Sugi (driver), gue, gembul tercinta, Wike (my elder sis), dan Irma (sepupu), mobil 3 > Taruna, diisi oleh Babe (driver) dan keluarga Bu'En (Tante gue nomer 3). Kita janjian ketemu di pom bensin KM 42 tol Karawaci, karena lokasi rumah yg beda2. Setelah bersatu dan menjadi robot Voltus, kami meluncur ke TKP. Nyampe Merak sekitar jam 6-an. YESS... GREAT... GOOD JOB... YO'I PAKCEK... nggak sia2 bangun jam 1/2 3 subuh!

Gak pernah terbayangkan bahwa kedatangan yg begitu pagi, persiapan yg begitu matang, berujung pada kenyataan...... dapet kebagian masuk kapal SEKITAR 6-7 JAM KEMUDIAN!! Antrian mobil tuh yaaa... panjang ke depan, panjang ke belakang, panjang ke kanan, panjang juga ke kiri!! Hih! Serem kalo inget2 lagi. Banyak anak2 kecil yang nangis, gak tega liatnya. Jadi bersyukuurr banget batal bawa Kalum.

Gue sempet protes ke Pak Pulisi yg lewat (dan sama beliau cuma disuruh sabaarrr....), begitu juga banyak orang yg ikut2 menyerbu dan membombardir Polisi dengan protes & pertanyaan kenapa antrean mobil per-jam nya cuma bergerak 15 senti? Sementara antrean di belakang, di pintu lain buat naik ke kapal satunya, sangat lancar dan bikin sirik aja. Cuma mas Sugi dan Gembul yg masih bisa cekikikan sepanjang ngantri. Yeaahh, kita semua emang masih becanda2 & ketawa2 demi membuat situasi gak gitu stress, tapi tetep banyak protesnya juga. Sementara Gembul sambil asik potret sana sini sama kamera SLR barunya, mengeluarkan kata2 mutiara yg menyejukkan jiwa... "Mudik. Mudah2an terdidik." begitu ngigonya.
Kekuatan iman dan ketahanan diet diuji di sini. Satu demi satu ksatria dan srikandi yg berpuasa berguguran. Meskipun banyak yg batalin puasanya karena suasana memang sangat sadis, gue masih coba bertahan, gitu juga Gembul, Tante Ikeu (istri Om Cu), dan Achi (anak bungsu Om Cu). Tinggal berempat! Selebihnya udah pada sibuk bolak-balik dari mobil satu ke mobil laen mencari benda2 yg bisa dimamah biak. Tentunya ya mobil konvoi-an kita ya, nggak segitu desperatenya juga sampe minta2 makanan ke mobil orang laen.

Akhirnya setelah diklakson secara kompak dan membabibuta oleh seluruh peserta mudik yg nampak gagal terdidik itu, perlahan antrean mulai bergerak. SECARA ADIL. Ya, karena tadi tuh yg bikin kita nggak gerak2 karena pembagian masuknya nggak adil. Yang gerak masuk cuma lajur2 pinggir kiri dan kanan, yg tengah2 mandek ga dapet kesempatan.

Alhamdulillah, kita liat 2 mobil konvoi udah masuk ke dalam kapal. Leganyaa.... Eh, ntar dulu! Mobil kita sendiri malah blom kebagian nih! Wadaaoo, mana mobil depan kita pasrah banget, gak mo maju2 dan membuat mobil2 dari lajur laen nyalip terus. Duh, gawat! Mas Sugi yg awalnya tadi nampak jinak, mulai mengeluarkan kemampuannya....................................... dalam mengklakson! Tentunya diiringi sapa'an manis; "MAJU WOOOOIII!!!" Akhirnya tu mobil maju, dengan pelaaannn banget... entah apa gerangan yg membuatnya ragu dan bimbang, oohhh ohhh....

Kita gas pol dan sempet diteriakin disuruh sabar sama para Polisi yg jaga. Yah sori deh Pak, mo sabar kaya'nya dalam posisi ini gak pas deh. Kalo sampe gak kebagian kapal yg ini, bukan apa2... berarti kita gagal konvoi, sementara kita2 dah bangun subuh2 buta demi bisa konvoi, dan yg paling penting: isi mobil gue gak ada yg tau jalan ampe Martapura! So.... titip salam aja buat SABAR ya pak Pulisi....

Kebagian tempat di kapal juga akhirnya karena Om gue turun keluar lagi dari kapal untuk minta ijin sama penjaganya biar mobil gue diutamain masuk dengan alasan konvoi tadi. Alhamdulillah, kita diijinin nyelak mobil depan, dan.......... begitu masuk, beneran loh bok, kita adalah mobil terakhir!! Pantat bemper aja cium2an sama pintu penutup. Widiihhh... merinding lho pas tu pintu raksasa ditutup, persis di belakang kita. KABOOOMMM!! heheh, gak gitu sih bunyinya. Cuma berasa begitu aja, saking mepetnya.

Nyariiiss ikut kapal berikut.... :')

Sampe atas kapal, kapalnya goyang2 *yah ngarepin apa??* membuat gue jadi mual dan pusing. Naek lift aja suka mo muntah (maklum mental dusun), apalagi naek kapal fery. Ampoouunn...!! Masuk ruang eksekutif, gak kebagian tempat duduk, akhirnya gue, Wike, dan Irma, nyobek2 kardus bekas PopMie buat dijadiin alas duduk di lantai. Merananyaaa... Ada sih si Gembul foto2in kita pas lagi ngedeprok pasrah pake sobekan2 kardus itu, tapi mana mungkin gue rela majangnya di sini!! Gue kasih gambaran aja ni yaa... sebelas dua belas dah sama TKW2 ilegal yg ketangkep Kamtib!! (lha, TKW kok yg nangkep Kamtib?)

Dan pertahananku pun jebol. Seporsi PopMie sukses berjumpa cacing2 piaraan gue jam 3 sore.

Yah, selebihnya standar... *sebenernya karena udah capek ngetik dan mo bobok udah jam 2 malem neehh* Yah standarlaahh, di Lampung kita jalan 2 jam dulu trus berhenti di RM Begadang V, makan buka puasa dulu (meski yg bertahan puasa cuma tinggal 3 orang), abis itu ya lanjut jalan lagi selama 5 jam menuju Martapura. Sekitar jam 12-an malam kita sampe. Goodie!

Teman2, sudah dulu ya. Hari sudah malam. Tataaaa..... besok sambung lagi..... ZZzzzZ....zZZzzZ...

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

8 komentar:

Tanti Kursyaf mengatakan...

curang..milih naeknya mobil yang bagusan...hahahhah...eh kalum ama siapa dong kalo gitu?knapa ditinggal?

de asmara mengatakan...

hehe, masa' curang? itu mobil sewa'an hasil patungan... rencananya mo bawa Kalum makanya cari mobil yg gedean, tapi akhirnya batal ajak Kalum, ntar gue ceritain di Pt.2 (kaya' ada yg nungguin aja, hahaha...)

bingkie mengatakan...

duh, yang punya udik... enak bener bisa mudik. saya mah udah keturunan beranak pinak di jakarta, walo sering ngaku orang (keturunan) jawa ato orang (keturunan) bugis,qeqeqeqe...
dua taun lalu, nyokap masih ikutan mudik ke kampung menantunya di kisam (lebih jauh dari martapura bukan sih?). qiqiqiqi, kesian ya, mo mudik aja pake numpang ke kampung besan.
sekarang mah udah bye-bye my lope, karena besan nyokap malah urban ke jakarta ikut anaknya (ipar gw) dan adiknya. ohhh... nasib. taun depan saya mudik ke kampung kamyu aja deh ya... wkwkwkwkwkwk

polar mengatakan...

eh mbak tau g, aq da ngidam pempek staun lohhhh....
jd jgn lupa pempek bwt aq yahh yahh yahhh :D
minal aidin walfaidzin mbakkk.... :D

de asmara mengatakan...

@bingkie:
mbaaakkk... aku malah sirik sama dirimu!! kalo bisa mah maunya anteng2 aja di Jakarta, menikmati Jkt yg lengang selama orang2 pada mudik. tapi berhubung masih ada kakek nenek di sana, rasanya kangen juga... boleh kalo mau mudik ke kampungku, taun depan ambil aja jatah mudikku ya mbak... hihihi

@polar:
baru denger ada 'pempek staun'... biasanya sih lenjer, kapal selem, :P
telat Lar mesennya, gue dah balik. btw, met idul fitri yaaa

ferdivolutions mengatakan...

jiakakakakkakak... org palembang atau bukam, yg jelas ttp org Indonesia.. (saya suka gaya Anda. hahaha)

kena macet ya??? kok bisa tau ukuran maju mobil per jam cuma 15 senti?? katanya a bawa penggariss.. huehuehue..
tapi dr mudik, itulah yg berkesan, walaupun capek seeh... hehehehehe...

mohon maaf lahir batin... ^_^

de asmara mengatakan...

hehehe, saya juga suka gaya saya (lho? wkwkwkwk...)
Ferdi, apa kabar? *sok akrab* mudik juga gak? yah bener jg sih, itulah seninya mudik. tapi waktu ngalaminnya sih rasanya pengen teriak "GUE GAK BUTUH SENIII!!"

mohon maaf lahir batin juga yaaa ^o^

nh18 mengatakan...

"Mudik. Mudah2an terdidik." begitu ngigonya.

I love these words ...

Mudah-mudahan mudik di masa depan bisa lebih OK

Salam saya

Posting Komentar