22 Jul 2010

Sampai bertemu lagi Pt.2


Satu jiwa menghadapNya senja ini

Dalam hitungan hari ia singgah di bumi
Memberikan keindahan
dalam tatapnya yang tak berdaya
dalam lembut halus ujung bulunya
dalam lengkingan suara yang meminta cinta

Maafkan aku…..

yang tak mengerti arti tangismu,
yang tak kuasa menjadi ibu,
dan tak mampu menjaga jiwa kecilmu

Raga yang tersisa dari napas yang pergi
Kupersembahkan pada taman di depan rumah
agar dipeluk dalam tanahnya
Dan kumohon tuk lepaskanmu
dari segala rasa yang kau derita

Jangan hiraukan air mata ini
Berlarianlah dengan gembira, di sana
Sesuatu yang mungkin
tak sempat kusaksikan, di sini


__sampai bertemu lagi__

9 mei 2006


Dedicated this poem for Nilla, sesama pecinta kucing yang baru aja 'kehilangan' bayi kucing buta yang dia pungut tempo hari sama pacarnya. I do know how you feel, Nil....

Puisi ini gue buat bertahun2 yang lalu, setelah gue puas nangis, karena 3 ekor bayi kucing yang gue piara mati semuanya. Dan bayi kucing yang terakhir bener2 menghembuskan napas terakhirnya di depan mata gue..... :'(

Mereka masih terlalu kecil, baru berusia beberapa hari saat induknya kabur ninggalin mereka. Well, salah gue juga sih. Cerita lengkapnya bisa dibaca di sini, di bagian kucing ke-11, 12, dan 13 yang gue piara.

Setelah itu gue bener2 trauma.

Setelah itu gue bener2 nguat2in hati gue untuk nggak lagi jatuh cinta dan miara kucing lagi, karena hampir semua kucing yang gue piara ending-nya pasti tragis.

Semua kucing yang tetap datang silih berganti ke rumah, sekarang batasannya hanya di teras. Interaksi terbaik yang bisa gue lakukan cuma towel2 dikit pake ujung kaki dan ngajak ngobrol *meskipun respon mereka cuma tampang bego, atau bahkan melengos ngerobah posisi jadi mantatin gue*. Si Hyena (kucing belang 3 yang jeleknya mirip banget binatang hyena), si Nama, si Koreng, si Babon..... (kok terdengar seperti kucing buduk semua ya??)

"Mbil, kucing2 liar yang suka numpang nongkrong di sini tuh suka pada muntah dan pup di teras lho..."

"Ih kurangajar banget sih!"

"Iya! Baunya amis banget! Kalo ada mereka lagi diusir2in aja ya."

"Iya, usir aja Mbul!"

"Kamu juga usir dong kalo liat ada mereka..."

Gue mengangguk meyakinkan.

Dan saat gue buka pager abis pulang kantor dan liat mereka gedabrukan panik kabur dari teras gue, reaksi gue adalah.....

"BABOOOOONNNN!!! MO KEMANAAAA??? JANGAN PERGIII.... !!!! KOREEEENG, KEMBALIIII.....!!! MUNTAH LAGI AJA DI SINI GAK PAPA ASAL JANGAN PERGIII...."

Yak, udah dipastikan mereka kabur makin menjauh denger ratapan gue.

Doh, maap Mbul, aku lemah sama kucing. Hal terhebat yang bisa aku lakuin saat ini cuma bertahan gak ngijinin mereka masuk dalem rumah, itu juga karena takut mereka bawa penyakit ke Kalum.

"Kenapa ya Bu kucing2 sini biar udah diusir2in, digalak2in, tetep pada balik lagi?" tanya Mbak Inah, PRT gue yang dulu.

"Tau tuh..." nyaut sekenanya. Dalem hati sih.... yaeyalaaahh gak pada pergi, orang tiap ga ada yang liat gue selalo mindik2 naro daging ayam di teras buat makan mereka :P

"Kotorannya itu lho Buuu... sembarangan banget. Sebel banget kalo liat kucing, kemaren saya sodok2in aja pake sapu biar pergi semuanya!" *ini dah gue translate ya, aslinya ngomong pake bahasa Tegal !*

"Hah??? Kok gitu sih Mbak? Jangan kasar2 dong kalo ngusiiirrr....!"

"Abis gimana cara ngusirnya?"

"Ya gimana kek, dinasehatin kek.... Pokoknya jangan disodok, jangan dipukul, jangan ditendang, jangan di'hus-hus', jangan kasar2 pokoknya deh!"

"Lha, udah dikasarin gitu aja gak kapok kok Bu."

Dalem ati nyaut lagi...... yaeyalllaaahhhh, kan gue empanin daging ayam mulu, mana mungkin kapok dateng kesini, hihihi. Peace Mbak ^^ ,v,, maapin saya yaaa.....!!

Makhluk egois yang menurut National Geographic dengan kurangajarnya menganggap hubungan sama manusia adalah hubungan yang sejajar itu....

...oh they're just too cute to be hated.


Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 komentar:

didot mengatakan...

bukannya kucing itu binatang yg bersih ya? kok bisa pup sembarangan sih? mereka kan harus ada pasir kalau mau pup? apa sekarang udah pada cuek juga?

dulu kan kucing makannya tikus,tapi kucing sekarang udah pada males sama tikus ya? tikusnya galak2,udah gitu makanan sekarang lebih mudah,gak usah usaha ada yg ngempanin daging di depan rumah :P

achie mengatakan...

itu fotonya beneran kucingnya mba des ya??? lucu gitu bersih putihhhh.. apa dimandiin pake bayklinn ya makanya bersih gitu?

dirumahku juga ada anak kucing baru umur sebulanan, waktu kecil sih lucu2 karenaaaa dia cuma bs nyusu.. eh gedean dikit mulai pupi sembarangan, nyebelin sihhhh tp tetep ga tega buat ngomel2in supaya pup yg bener.. eh kemaren pas pulang kantor tiba2 aja aku nemu 4 bayi kucing yg baruuuuu lahirrr lagiiiiii.. omg.. jd ky tmpt penampungan kucing..

Juminten mengatakan...

mbak, huwaaa... mataku berkaca2 baca puisimu itu.
huhuhu... sangat menyentuh. :'( thx a lot ya, mbak...

btw, aku sama mbubh sebenernya lg pusing.
soalnya di kos mbubh udh ga boleh lg miara kucing.
karena ternyata bbrp temen kosnya ga suka kucing.
huhu... dikosku jg sebenernya ga boleh.
waktu itu nekad aja miara Dorami di dlm kamar meskipun sesekali kuajak jalan ke luar.
susah euy... ga semua orang suka kucing soalnya.
tp ga bisa disalahkan jg. :)
karena kadang kucing memang bisa bawa penyakit ke manusia.

kucing terakhir yg aku dan mbubh pelihara sebelum Papoy...
untungnya udh kami lepasin di tengah lapangan luas.
karena sesuai dgn komitmen kami, kalo kucingnya udh sehat, bakal dilepas deh. ;)

oya, tentang kucing yg suka buang kotoran sembarangan itu...
coba deh mbak letakin pasir deket tempat si kucing biasa nongkrong.
bener kata mas didot. kucing itu sebenernya hewan yg suka bersih.
jd secara naluri biasanya dia nyari pasir utk buang kotoran.
kalo ga nemu, baru deh dia jd buang kotorannya di sembarang tempat.

________________________________

nb : aku udh lama baca postingan ini. tp gagal mulu posting komen dr kantor. ga tau kenapa. baru sekarang bisa komen dr kos. :P

de asmara mengatakan...

.
@Didot
Dia sih pup-nya di tanah di depan teras Dot. Tapi tetep aja kan mesti dibersihin. Lha ngais tanahnya juga cuma formalitas gitu, ga ada ketutup satu sentimeter acan...

@Achie
Bukan Chie, pic itu nemu di internet. Tapi aku pernah punya kucing percis kaya' gitu, keturunan persia, namanya Esther.

kita senasib yah suka jadi tempat pembuangan anak kucing. Dimana hati nurani emak2 kucing jaman skrd :'(
.

de asmara mengatakan...

.
@Juminten
Duh ni pasangan 'atu, bener2 mulia banget deh! Tapi saranku Nil, jgn piara di kamar lagi ya, bahaya buat kamunya, apalagi kamu perempuan. Virus Tokso itu jahat banget loh!

Soal kucing2 liar yg suka pup di teras aku itu sbnrnya pup di bagian tanahnya sih. Ga bakalan di-ijinin sama Mbul kalo sampe aku bela2in siapin pasir segala buat mereka, pasti Mbul takut mereka makin betah :P
.

Posting Komentar