9 Agu 2009

Toilet training CAN BE FUN..!! ^^


Sambil nyetel lagu anak2 tahun 80-90an yg diunduh dari Youtube, dengan Kalum yg ketiduran di pangkuan gue (tau saking terpesonanya sama lagu2 ini apa krn kecapean maen), tulisan ini mulai diketik... pake satu tangan! Berhubung tangan sebelahnya nahan kepala Kalum yg makin mengukuhkan posisi tidurnya.

Segitu ngototnya gue mesti ngetik skrg dg gaya akrobatik begini?? Oo iyaaa... IYYYAAAA.... emang ngotot berat! Mesti kudu skrg! Saking senengnya nih membawa kabar gembira *buat gue sendiri sih sbnrnya, tapi kalo pada mo ikut seneng juga boleeeh.. boleehh...gratis kok* Apakah kabar gembira itu? Tak lain dan tak bukan, tak bukan dan tak lain, bukan sulap bukan sihir... adalah
karena sudah hampir 2 minggu ini Kalum udah ga pake pospak lagi! (pospak=popok sekali pakai, alias diapers)

Alhamdulillaaahhh, udah melalui satu tahapan perkembangan lagi buat kami berdua :) Sepele sih keliatannya, tapi menurut gue ini sesuatu yg lumayan besar. Selama ini gue emang bercita2 untuk menghentikan pemakaian pospak buat Kalum, tapi jujur aja, beraaattt... bgt! Alesan utamanya jelas: NGGAK PRAKTIS. Mesti ribet ngepel2 pipisnya, trus bilas2 celananya, trus cucian makin banyak... hhkkkhhh, ngebayanginnya aja dah males. Belom lagi resiko kepeleset ama pipisnya sendiri, bahaya banget kan tuh?

Nnnaaahh.... awalnya memang nyebelin, ngeribetin, dan ngapokin banget deh! Perasaan kerjaan gak ada laen selaen terus2an ngepel pipisnya Kalum yg percis kucing nebar2 'aroma'nya di seantero rumah buat menandai wilayah kekuasaannya. Baru sehari, gerakan toilet training gue setop sendiri dengan stress. Padahal waktu itu masih ada bibik yg nginep itu loh buat bantu2 ngepel pipisnya.

Gue seketika kagum berat sama nyokap2 jaman dulu yg memang gak mengenal pospak. Beliau2 mengurus kita2 ini ya dengan kerepotan yg seperti tadi, itupun cuma seupil di antara urusan2 rumahtangga mereka yg lainnya. Sementara gue? Ngapain sih? Masak enggak, nyuci nggosok udah ada mbak Yanti, nyapu ngepel juga cuma bagian kamar doang, tapi udah berasa kebakaran jenggot baru ngelakuin toilet training doang. Huuu... gue payah banget emang nih...

Setelah berbulan2 kemudian, baru aksi itu digalakkan kembali. Nggak sengaja awalnya. Malam itu gue cuma niat membebaskan Kalum sejenak dari pengapnya pospak, setelah membaca bahayanya pemakaian pospak dalam jangka waktu lama, terutama buat anak lelaki bisa mengakibatkan infertilitas/kemandulan. Udah tau lama sih, tapi baru benar2 ngerasa tergerak saat itu aja setelah baca secara lengkap di tabloid Mom&Kiddie. Disitu juga dibahas bahayanya pospak bagi lingkungan. Tapi sumpe, biar kata gue yg ngaku2 peduli lingkungan, ternyata yg bener2 bisa bikin gue belajar berhenti gunain pospak adalah rasa sayang gue ke Kalum. Gak sampe hati ngebayangin cinta gue ini suatu saat kelak bermasalah sama kesehatannya gara2 gue sendiri. *Nggak puas apa selama ini nularin flu ke Kalum mulu, heh?*

1 malem berjalan dengan asik2 aja. Entah karena udah pernah ngerasain sblomnya jd ga kaget lagi, entah krn spirit gue yg skrg lakuin ini demi Kalum (bukan lg demi memangkas budget beli pospak dari daftar belanja bulanan). Yg jelas, hari demi hari terlalui tanpa terasa. Cuma aja emang blom bisa full 24 jam, krn kl ngantor gue msh nitip ke rumah sebelah ( nyokap). Kasian kalo nyokap yg udah gue repotin mesti tambah repot kalo Kalum gak pake pospak lagi.

Tapi begitu gue pulang kantor, dan setiap hari libur, insyaAllah gue konsisten kok melaksanakan toilet training tahap 1 ini.

Iyap! Ini emang baru tahap 1. Tahap berikutnya setelah membiasakan anak gak memakai pospak adalah menghapal jadwal pipisnya, karena si anak kan blom bisa ngomong mo pipis. Untuk Kalum, gue bisa ambil kesimpulan dia pipis tiap 1,5 sampe 2 jam setelah dia minum susu. So... tinggal cek jam aja kalo kasih dia susu, pasti 2 jam kemudian dia pipis. Kadang ada tanda2nya, kadang tau2 udah serrrr... aja di lantai.

Kalo pake tanda2, kira2 begini, dia mulai megang2 alat vitalnya dengan gelisah. Mungkin rasanya geli2 kali ya buat anak cowok kalo mo pipis? Trus yg tadinya lari2an kaya' Road Runner, tau2 terbengong2. Waaa... angkut segera anak anda ke toilet terdekat!!!

Dan kalo gak pake tanda2 dan gue belom kecolongan (dlm pengertian dia belom bikin kolam dadakan di lantai), kira-kira 2 jam dari minum susu langsung aja gue bawa ke kamar mandi, lepas celananya, trus siram2 pake air dikit sambil bilang "pipis.. pipiiiss...", tungguin sampe paling lama 5 menit. Biasanya sih gak sampe selama itu pertahanan Kalum jebol juga.

Leggaaa... bgt kalo berhasil ajak Kalum pipis di kamar mandi. Soalnya menghemat tenaga, air, dan deterjen. Tapi emang gak selamanya berjalan semulus itu sih. Yaaa namanya juga baru belajar, sering juga kecolongan. Terutama jadwal pupnya Kalum yg emang ga bisa dipastiin.

Soal pup ini, hal favoritnya Tanti ini, jangan ditanya deh hebohnya semenjak ga pake pospak lagi. Kadang itu para pup suka berlomba2 pengen keluar dari celana Kalum dan terjun bebas ke lantai saat Kalum belom lagi kelar bertelor. Pernah yah, tu 'emas' berceceran di depan pintu kamar, gue lagi panik menciduk Kalum ke kamar mandi buat cebok2, pas keluar kamar mandi... yassalaaammm.. pintu yg tadinya terbuka lebar ternyata udah ketutup ketiup AC, menyeret serta 'emas2 berkilauan' tadi di bawah pintunya! Kebayang dooooonggg.... kaya apa berantakannyaaa???

Dan yg namanya gue mesti memungut seakan2 itu adalah cake coklat, bahkan tangan gue menadah di bawah pantatnya Kalum sembari dia asik ngeden dg aduhay... waaahhh itu sih dah gak keitung...

Untung aja ada salah satu perubahan ajaib yg terjadi di diri gue semenjak Kalum lahir, gue yg aslinya orang yg paaaaaling jijik'an sama apapun ini, skrg tau kenapa kalo urusannya udah tentang Kalum, semua rasanya endaaangg benerr... pdhl dulu jaman masih ngajar, anak murid gue ijin bilang mo e'ek aja gue udah gelegepan nahan muntah, hihihi.

Ada 1 hal yg gue bersyukur & bangga bgt dari Kalum, dari umur berapa bulan Kalum tuh udah gak pernah ngompol kalo tidur. Terutama sejak gue menghentikan kebiasaan ngedot saat tidur kali ya. Maksimal setengah jam sebelum tidur dia udah menghabiskan susu terakhirnya, insyaAllah Kalum baru pipis setelah dia bangun tidur. Jadi begitu Kalum turun dari kasur (bangun dari bobo malem atau bobo siang), langsung gue giring ke kamar mandi, mengawali hari dengan pipiiisss....

Ahh, pokoknya seruuu..... deh, kegiatan baru ini! Asal mau melewati shock2 kecil aja di tahap2 awalnya. Tapi kalo udah terbiasa sih menurut gue toilet training can be fun. In fact, it SHOULD BE fun! ^^ Come ooonn, Mooomss.... let's start your own toilet training with the babies!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

7 komentar:

Unknown mengatakan...

Wah selamat yaa... saya yakin Kalum nya juga merasa plong lhoo tidak tersiksa....

dewi mengatakan...

qaqaqaqa.....biar dah anak ketiga...teuteupppp.....perlu ketelatenan di awal-awal si bocah belajar....buatku..sekarang lagi konsen biar ga ngompol pas malam...karena ga tega membuat bungsuku berhenti ngedot pas tidur...

Hamster Copo mengatakan...

Waah sekarang kalum udah ngertiin mamanya,, dia sudah enggak ngompol lagi jadi mbak sudah enggak perlu repot-repot cuci kasurnya lagi

Syukur laah jadi beban mbak jadi berkurang hehe

Lain kali suruh kalum untuk belajar cuci kasurnya sendiri

Tanti Kursyaf mengatakan...

sialan lo des...cake coklat ala kalum ga masuk dalam daftar menu sehat gue tauuuu...hahahhahah...
tapi yaaah....sedeket2nya gue sama ponakan gue,ga pernah tuh gue ngerasa "aduhai" kalo disuruh bersihin bekas e`e nya yang udah berkerak di pantat tuh bocah...hhhhhheeeekkkkk...maleeees....
hehehehhe...tapi gue paling seneng tampang mereka pas gue udah mulai menuduh dgn kejam setiap kali ada bau2an yg ga jelas sumbernya darimana(padahal bisa aja dari gue sendiri..ahhahhahha)
gue:"kaka!nye nye(e`e) yah?"
kaka :"enggak!"
gue:"bo`ong!coba `hah`(gue nyuruh dia buka mulut dan bilang HAH,terus pura2 ke bau-an)
kaka:ketawa2...geli bgt...
gue :uuuggghh...anak kecil emang paling cute kalo lagi ketawa geli... ^^

natazya nan mempesona :D mengatakan...

eh yang begini musti berhasil... kan kalo ngga nantinya bisa mempengaruhi perkembangan anak...

jangan sampe anaknya jadi pelit karena toilet trainingnya salah hiihi atau justru jadi boros :D

bunda bingkie mengatakan...

wah, congrats karena udah berhasil dengan toilet trainingnya. lagian berdasarkan pengamatan terbatas, anak2 yang dibiasain pake pospak itu susah diajarin toliet training. Jadi udah gede (umur 2 taunan) masih bisa pup di celana/pospaknya. padahal anak2 yang gak pake pospak udah terampil minta anter ke toilet kalo mo buang 'limbah' :)

Kabasaran Soultan mengatakan...

Waw .... sepertinya infonya sangat berguna sekali bagi mereka-mereka yang punya baby nih...

very nice sharing...

Posting Komentar