4 Mei 2009

Stupid things I questioned (part 2)

Kenapa sih semua orang tuh mesti punya 2 sisi, baik dan buruk?

Ah, gak usah kan elo, gue udah volunteer buat ngeplak pala gue sendiri kok, atas pertanyaan2 yg semakin bego ini.

Pertanyaan ini lebih sebagai pertanyaan retorik, bukan pertanyaan yg sebenarnya, dan seringkali nongol di saat2 gue bermasalah berat dengan seseorang. Yang terakhir adalah permasalahan gue sama bibik yg kerja di rumah gue 5 bulan terakhir ini.

Gue gak akan menceritakan sisi buruk beliau di sini. Gak akan. Yg jelas sisi2 buruknya itu terbagi 2, ada sisi yg gue anggap sebagai kekurangan yg akan berusaha gue terima seiring berjalannya waktu (krn toh gue sendiri jg pasti punya banyak kekurangan), tapi juga ada sisi yg gue anggap sangat prinsip & tidak bisa ditolerir.

Dg alasan yg kedua itulah gue terpaksa memberhentikan beliau. Sangat amat terpaksa. & semakin terasa terpaksa dan berat karena saat menjelang keputusan ini diwujudkan dalam tindakan, gue juga melihat sisi2 baik dari si bibik. Bibik ini orangnya memang perhatian bgt sbnrnya, itu salah satu sisi bagus dari dia.

Hari itu sudah mantap ditetapkan bahwa nanti malam gue akan ngomong sama bibik soal pemberhentian dia ini. Saat gue mau berangkat ngantor sama Mbul, bibik teriak2 manggil nama gue sambil ngejar di belakang.....

"Ci, ini bawa bekal! Bibik udah bikinkan nasi goreng..."

Maan, gue tercenung. Ah bibik, tolong jangan bikin keputusan yg berat ini semakin berat utk dilakukan. Gue menerima kotak bekal dg sedih, "Terimakasih ya, bik..." gue pandangi kotak bekal berisi nasi goreng itu, nasi goreng favorit gue itu. Pasti gue akan sangat kehilangan masakan bibik yg satu ini nanti. Saat itulah gue berharap, sebaiknya bibik total nyebelin aja bik, biar aku nggak ngerasa bersalah dan berat utk melepas bibik.

Malam itu, hari Jumat tanggal 1 Mei, gue ngomong soal pemberhentian bibik. Dan beliau memutuskan utk pulang persis besokannya, tanggal 2 Mei, hari Sabtu siang.

Malam itu, gue nggak bisa tidur dan akhirnya ngutak-ngatik internet di kamar. Hening. Kalum dan Gembul udah tidur dari tadi dan ini sudah jam 2 dini hari. Yg ada hanya suara2 di lantai atas, dari kamar bibik, yg sedang packing utk kepergiannya besok. Beberapa kali gue menahan tangis gue, ahh.. gue ini ternyata memang cengeng sekali.

Rasanya berat membayangkan bahwa malam ini adalah malam terakhir bibik masih mengisi kamar atas. Dan Kalum... bagaimana dengan Kalum, yg sudah sangat lengket dengan bibik?

Besoknya bibik tetap harus pergi. Toh ini keputusan gue sendiri, keputusan yg baik buruknya sudah gue pertimbangkan masak2.

Bibik jelas paling berat saat harus melakukan salam perpisahan dengan Kalum. Dia mengucapkan shalawat berulang2 sambil menciumi Kalum bertubi2. Dan saat kita mo ambil Kalum dari pelukan bibik, Kalum menolak mati2an dan akhirnya nangis sejadi2nya. Mungkin Kalum ada feeling bibik akan pergi jauh ninggalin dia. Momen2 perpisahan bibik dan Kalum itu yg paling bikin gue terharu, meskipun gue 'berlindung' di balik kamera yg terus merekam tiap proses perpisahan, utk menunjukkan seolah gue biasa2 aja.

Tapi sial, ternyata semuanya nggak kerekam!! Itu bukti bahwa gue sbnrnya nggak konsen sama kamera gue, sampe ga nyadar ga ada tulisan REC yg nandain tu kamera nge-record atau enggak. Ah sayang bgt deh... tapi mungkin lebih baik memang nggak ada rekaman itu, soalnya pasti sediiih bgt buat liatnya lagi.

Sampe skrg gue masih berusaha keras membiasakan diri kalo bibik udah nggak ada lagi. Bukan soal kerjaan yg biasa dia bantuin, tapi lebih soal keberadaan seseorang yg udah sekian lama bersama lo, terlepas dari segala kebaikan & keburukannya.

Alhamdulillah, Minggu subuh bibik telpon, udah sampai dengan selamat di rumahnya.

Bik, semoga cucu bibik terlahir dg selamat & sehat bulan Juli nanti, semoga anak bibik (Ade') yg sering bibik ceritain itu juga baik2 aja, bahagia dg keluarga kecilnya nanti, & yg paling penting, semoga bibik sendiri jg bahagia tinggal sama keluarga Ade' ya, menghabiskan masa tua bibik :)

InsyaAllah kalo keluargaku pulang kampung, kita ketemu lagi. Mungkin bibik bakal pangling liat Kalum karena Kalum udah gede saat itu, karena yg namanya waktu itu terus berjalan kan... :)

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 komentar:

Posting Komentar