3 Okt 2009

O nani....


Buseeet.... 15 menit gue melongo mandangin monitor kompi. Bingung mo nulis apa.

Rencananya sih mo cerita tentang Kalum. Tiap hari juga selalu pengen nulis tentang Kalum, tapi kenapa ya begitu dah buka jendela entri baru gue selalu bingung mo ngetik apa? Padahal ada seribu juta cerita tentang makhluk satu ini...

Benernya gue lagi swenweeengg... bangeett! Kemampuan lingual Kalum di umurnya yg udah setaun 7 bulan ini alhamdulillah makin menunjukkan perkembangan. Kosa katanya semingkin hari semingkin banyak. Bentar ya nyontek draft di HP dulu.


Nah nih dia! Selaen hobi manggil2in orang sekeluarga, mulai dari Aka (Akas/Kakek), Biby (Miby/Umi Gaby/istrinya abang gue), Abi (Abi/abang gue), Papi, Mami (gue doongg... tentunya!), Awaaa' (Ala/adek gue. yap dia bukannya nyebut Tante malah ikut2an kita2 yg suka teriak2 manggil nama Ala).....

Yah sayang memang ada beberapa nama yg masih jarang Kalum sebut. Sebangsa Mbay (Nenek) dan Wike (kakak gue). Mungkin masih rada susah buat lidahnya. Wike pun pasrah memlesetkan namanya untuk dipanggil "Eko" aja biar gampang diucapin Kalum. Diplesetin ampe jumpalitan kaya'nya tuh, ga ada nyenggol2 seacan-acan ama nama dia.

Sementara Nyokap gue kekeuh membombardir nama panggilannya ke kuping Kalum biar Kalum terbrain-washed.... "Mbay... Mbay...Mbay... Mbay... Mbay... Mbay... Mbay... Mbay..." dikali seribu.

Sayang, sampe sekarang masih jauh dari sukses usaha mereka berdua.

Tapi tentunya ga ada panggilan yg paling sering Kalum kumandangkan selain..... "Yaaaaay....??" dengan penuh kelembutan dan kemesra'an. Ke siapa lagi kalo bukan ke Iyay?? Iyay adalah kependekan dari Kyay, salah satu panggilan buat Abang di adat suku Palembang. Siapakah Iyay ini?

Dialah idola Kalum dunia akherat! ALMER!! Anaknya Abang gue yang lucu dan kereeeennn bgt!! Maksud gue Almer-nya yah... No wonder anak gue tergila2 dan selalu mengekor kemanapun Almer pergi. Gue aja kalah pamor! *Yah elo mah kalo di rumah nomer 10 kalah pamor dari semua2nya kali, ci... dari Miby, dari Akas, Mbay, Ala... Boleh sombong cuma kalo lagi di rumah sendiri, soalnya Kalum ga da pilihan laen, hihihi*

Cuma belakangan ini popularitas penyebutan nama Iyay agak menurun sedikit, digantikan dengan "Naniiiiii.......!!" aliyas..................... BARNEEEYYY!!

Yak, lagi2 Kalum ngekor kegemaran Iyay. Barney ini aslinya idola si Almer, tapi karena Kalum suka maen2 ke kamar Almer juga dimana boneka Barney ada banyak banget 7 turunan dg berbagai ukuran, dari Buyut ampe cicit, dan dimana DVD Barney disetel 24 jam di sana, maka jangan salahkan takdir jika Kalum pun akhirnya terkontaminasi. But it's a cute virus, so I don't think I would cure him from it :)

Kemaren2 dia baru punya 1 boneka Barney super imut dari Ala, dan 1 tas punggung berbentuk boneka Barney dari Miby. Mungkin karena tas itu lebih gede, so bbrp malam yg lalu dia memilih memeluk2 tas itu dengan penuh sayang. Satu tangan meluk badan Barney, satu tangan lagi megang pala Barney. Sesekali kepala Barney ditidurin di pundak dan ditempelin ke pipinya, sesekali dia angkat lagi kepala Barney dan dipandangin dengan tatapan yg sumpah belom pernah gue liat dia menatap sesuatu dengan penuh kasih sayang seperti itu. Disertai mulutnya yg gak henti2 menyebut.. "Anii, Aniii, Aniiii, Naaniii,.... oooo Aniii....." *paling ga nahan kalo dia dah pake 'ooooo' begitu karena disitulah puncak nada panggilan yg paling mesra*

Pas banget siangnya kita baru beliin dia DVD Barney, maka dia melongok ke bawah meja TV, dan mendapati DVD itu di atas playernya. Langsung DVD itu dia sodorin ke gue dan dia lari lagi ke TV sambil ga berenti2 teriak "Ani Ani Ani Aniiii.... Naniiii.... oooo Aniii..." Bok, kadang2 sih dia bilang 'ooooo Nani', kekekek, tapi ga tega kalo gue sering2 nulis itu di sini. Yg jelas dengan sok taunya tu kucing kecil mencet2 logo merk TV, dia pikir bisa keganti jadi film Barney kali dengan cara itu.

B.J. _____ Barney _____ Baby Bop


Begitu diputerin, begitu theme song Barney dimulai, Kalum langsung geretekin gigi2nya, lengannya dilurusin kaku dan dia gemeteran gemes berattt... setelah stok gemesnya abis, sambil joget2 ikutin Ani-nya di TV, sesekali dia nengok ke gue dan nyengir "Ani Ani Ani Aniii.... oooo Aniii...". IYYEEE DEEEHHH!!!

Yg jelas gue boleh lega dikit. Nyetel DVD Barney masih lebih gampil dibanding nyetel handycam. Sebelom demam Barney ini melanda, Kalum dilanda demam dirinya sendiri. Maunya nonton tampang narsisnya die di handycam, 'n tu handycam kudu dicolok ke TV biar muka dia lebih gede keliatannya. Bener2 kagak boleh nyetel saluran TV, pasti dia buru2 lari mencet logo LG di tu TV yg maksudnya biar keganti jadi muka dia. Kalo gak diturutin Kalum bisa nangis berjam2. Gak selalu gue turutin sih, abis ampe mo muntah saking bosennya nonton video2 di handycam itu. Bagian Kalum sih gue gak bosen, tapi masalahnya .... emaknya juga gak mo ketinggalan nongol2 juga. Eneg juga liat diri sendiri berulang2...

Selain nama2 di atas, kata2 laen yg belakangan sering Kalum sebut adalah.... bentar bentar... nyontek draft di HP lagi.... errr, antara laen: au (mau), pipi (pipis), abis, ada, ngga ada, bobo', mmm nam-nam (nyam-nyam), iii.. jiji (jijik), apa, brrrmmm (mobil/motor), Awoh (Allah. Biasanya nyebut ini sambil nungging di sejadah), tatu (sepatu), namu (nyamuk), yok, kuka (buka), ati (mati), ini, tuh tuh (itu)....

.

Sementara binatang yang Allah ciptakan ada milyaran jenis di muka bumi ini, bahkan tak terhingga, di mata Kalum hanya terbagi 3 jenis (berkat ajaran sesat emaknya). Yaini: Ciiingg (maksudnya kucing), Cici (maksudnya cicak), dan iiii jiji (jijik).

Dan yang dimasukkan dalam spesis Ciiing di mata Kalum adalah semua binatang mamalia seperti: kucing, anjing, domba, kambing, sapi, kuda nil, gajah, bahkan dinosaurus! Gue gak tau dinosaurus mamalia apa bukan, yg jelas hewan yg punya kaki tangan dan ekor, ketemu langsung atau liat di TV, Kalum dengan imutnya akan memanggil dengan "Ciiiingg..., ciiiiinngggg.....??" dengan suara yg makin lama makin melengking tinggi sampe cuma semut yg bisa denger, dan tak lupa jari2 tangannya dijentik2in kaya' manggil ayam.

Bahkan MEGATRON, robot jahat di film Transformer, yg ditonton sama Gembul di DVD 2 malem yg lalu, yg nongol dengan sosok galak-serem-gaharnya, dengan suara super bariton, yg lagi ngacak2 kota membabibuta, begitu Kalum ngeliat...... dia langsung pasang tampang gemes dan melengkinglah suaranya "CIIIIIINGGG.....??!!" sambil tak lupa jari2nya dijentik2in.

Dan si Sam Witwicky yg lagi ngumpet di balik akar pohon ketakutan menyaksikan pertarungan Optimus Prime dengan Megatron, begitu Sam di-close up, Kalum langsung teriak "BAAAAAA'......!!" yeee, dikirain lagi maen cilukba apa si Sam?? Kesian gue sama sutradaranya yg dah susah2 bikin tu film sesangar mungkin...

Wah kita jadi ngalor ngidul (kita? elo!).

Balik ke spesis binatang, yg kedua, yg masuk dalam spesis Cici adalah: Cicak. Yak, cicak seorang, sungguh beruntung spesis ini.

Sedangkeun yg masuk dalam spesis iiii jiji adalah: semut, nyamuk, kecoa, cacing, laba2, dan semua jenis serangga. Karena seperti itulah gue sering teriak tiap kali liat makhluk2 jenis ini di rumah.

Berhubung dimarahin Gembul, baru2 ini gue mulai ngajarin Kalum utk menyebut spesis 'iii jiji' sesuai dengan nama masing2. Alhamdulillah baru sukses nyebut namu (nyamuk) dan caciii (cacing). Kalo spesis Ciiiiing.... wah itu ntar dulu deh, banyak beeuudd...!!

Dan jangan kaget ya kalo ketemu Kalum tau2 dia nepok tembok kenceng2, atau bahkan nabok kita, karena ceritanya dia lagi nepok nyamuk, nyontek kegiatan rutin maminya di rumah. Dan pliiiss jangan pingsan kalo ketemu Kalum dan liat dia udah bisa buka pintu sendiri. Yak, dia udah cukup tinggi untuk menggapai gagang pintu dengan cara jinjit. Yang terakhir, saya mohon jangan minta tandatangan kalo ketemu Kalum dan begitu meleng sejenak tau2 dia udah telanjang dada. Karena sekarang Kalum punya hobi nyopot bajunya sendiri. Sama sekali bukan karena kegerahan, gue sendiri gak ngerti kenapa, yg jelas gue kagum sama kemampuannya yg satu ini ...

Ah, panjang kali postinganmu hari ini, bah! Tadi katanya bingung mo ngetik apa. Yah gini deh kalo dah ngomongin anak sendiri, hehe...

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

5 komentar:

giru mengatakan...

kaya'nya si kalum bakat jadi ahli biologi tuh, kecil2 udah bisa bikin klasifikasi ordo/family sendiri^^

Newsoul mengatakan...

Ooo...nani nya si kalu mah lucu aja. Keseharian si kecil memang selalu menyenangkan dan menggemaskan ya. Mbay dan kyai, kalau gak salah bahasa Komering di Sumatera Selatan ya.

de asmara mengatakan...

@giru:
tergantung didikannya Ru... tergantung didikannya.... *merendah sekalian meninggi*

@Newsoul:
iya, Yuk. hehe panggil 'ayuk' aja yah :) itu emang panggilan bahasa Komering, saya di OKU

bingkie mengatakan...

hehehe, emang ada tuh masanya anak kecil narsis. demen liat dirinya sendiri di tipi :)
dulu saya sempet juga ngalamin (anak2 saya, bukan sayanya yang gitu). untungnya nggak berlanjut ampe parah, kalo nggak, gawat dong, saya bisa kalah narsis, hahahahaha
btw, kalum tuh lucu banged ya? (jangan sampe dirimu bilang: sapa dulu ibunya, wkwkwkwk)

Hamster Copo mengatakan...

bedah jauh antara wike sama eko,,heem kook bisa yaa??..laah kook malah emaknya ikut ikutan pelat (sulit bicara ceeh) masak kalah sama kalum hihihi

Posting Komentar