17 Feb 2010

Jangan pernah nanya jalan sama gue

I'm warning you. Just don't.

These next stories could give you a hint why you shouldn't. Ever! 


Suatu hari lagi berdiri nunggu bus di seskoal. Ada mobil mepet ke arah gue, berhenti, lalu kaca mobil dibuka. "Mbak, numpang tanya, ITC Cipulir lewat mana ya?" seorang bapak2 bertanya sopan.

Fyi, Cipulir itu lokasinya bener2 setelah Seskoal, tempat gue berdiri. Dan tinggal di belakang kompleks Seskoal selama nyaris 20 taun (saat itu), malu2in kalo sampe gue nggak tau dimana itu si ITC. Tapi.... yeah, gue emang selalu malu2in, what do you expect then? So kesimpulannya, pada dasarnya, gue gak begitu ngeh dimana bangunan ITC itu berdiri, biar kata hampir tiap hari selama bertaun2 gue lewatin kalo mo ngantor.

Maksud gue, ya gue tau dia ada di 'situ'.... tapi persisnya lupa.

Kumplit sudah. Nggak tau malu, ditambah pikun, dipangkat sifat suka gak enakan.... Hmm, yang terakhir ini sifat yang sering banget bawa gue ke masalah yang mestinya gak jadi masalah. Hanya karena suka serba gak enak, gak enak nolak, ga enak bilang ga sependapat, ga enak bilang gak tau, gak enak takut ngecewain orang...... makan tuh gak enak!

Akhirnya inilah jawaban gue ke bapak2 yang baik itu "Ooooh... udah deket kok Pak! Nggak usah khawatir, gampang kok nyarinya (wasaipang kuda lumping kejebur di empang??). Dari sini bapak teruuuusss... aja ya, jangan belok2 (emang juga di sepanjang jalan itu ga ada belokan sama sekali. ya biar dikata informasinya banyak, gituu...). Ntar kalo ada rame2 orang jualan, itu pasar Pak (kesimpulan yg cerdas!), namanya pasar Cipulir. Nah, di situ ITCnya!"

"Dimananya mbak? Di pasarnya?"

"Iya iya bener! Diii..... sisi sebelah kiri deh kalo ga salah. Iya, bener, sebelah kiri pak!" ingatan gue mengatakan begitu. Huhuhuu...

"Oh iya deh, makasih ya Mbak."

"Iya sama2. Inget ya Pak, luruuuussss aja, hati2 jangan sampe kelewat! Pokoknya bapak nengok kiri terus aja, ga usah liat2 kanan, kiri aja terus ya Pak!" gue terus mewanti2 tu bapak yang malang. "NENGOK KIRI TERUS YA PAAAKK!!!"

Yak, pas gue akhirnya naek bus 2 menit kemudian, dan melewati rute yang sama, tu ITC ternyata.... ada di sebelah kanan! Ah, apes bener tu bapak ketemu gue buat nanya jalan. Moga2 dia gak patuh2 amat ama petunjuk gue tadi.....

Simpel padahal, mestinya gue berhenti sampe di informasi yg gue tau pasti, bagian yg kabur dalam otak gue ya harusnya ga usahlah dipaksa kereng (tau kereng kan? Kaya spidol baru beli tuh).

Dan kejadian selanjutnya ini yang paling sering terjadi. Dimana gue absolutely-definitely-surely gak tau, tapi kekeuh tetep mo bantuin ngasih tau. Hanya karena gue gak tega nolak orang yang udah penuh harap datang ke gue, gue suka terharu kalo ada orang yang gak kenal tapi kok ya langsung percaya sama gue gitu lhooo....

"Jalan Kampret lewat mana ya, mbak?"

"Oooh, mmmm....." shit, gak tau gue (emang juga selalu gak tau, bukan?) "Bentar bentar ya mas...." gue berjalan ke orang yang posisinya terdekat dari gue "Eh, mbak, jalan Kampret dimana ya?"

"Oh maap saya kurang tau." jawaban orang itu simpel padat berisi, kaya' telegram.

"Eh sebentar mas, dia nggak tau. Saya tanya sama ibu2 warung itu aja ya?" lalu gue ucluk2 ke ibu2 warung, nanya yang sama, dan jawabannya AIUEO... "Nnggg... ibu itu juga kayanya gak tau tuh mas. Yuk kita tanya tukang ojek yang disana..."

Walhasil, gue dan orang yg nanya jalan tadi muter2 nggak tentu arah buat nanya tu jalan. Dan tetep kagak ada yg tau! Payah ni orang2! Taunya apa sih, ditanyain gitu aja bingung...!

"Eh tuh mas, ada satpam, pasti dia tau dong!" gue udah mo mencelat ke arah tu satpam, tau2 mas2 tadi mencegah gue....

"NGGAK USAH DEH!" suaranya rada tercekik.

"Lho, kenapa mas?" tanya gue agak kecewa, karena nampaknya gue mulai menganggap ini sebuah permainan yang mengasikkan.

"Biar saya cari sendiri aja mbak.... makasih ya..." dia berlalu dengan keringat ngocor dari ubun2nya. Ah, kenapa dia? Bukannya lebih seru kalo nyarinya rame2? Lalu malaikat dari bahu kanan gue membisikkan sesuatu, "Laen kaliii.... kalo gak tau ya jawab aja nggak tauuu... Jangan sok mo bantuin tapi akhirnya malah bikin orang susah!"


Sekarang sih udah tobat. Gue akan tegas bilang tiga kata, "Maap, enggak tau...", dan rasanya itu lebih 'nolong' dibanding pertolongan gue yang menyesatkan. Minimal, gue menolong dengan cara menghemat waktu orang itu untuk segera mencari orang lain lagi yang mungkin lebih punya pengetahuan tentang jalan yang dia maksud kan?

.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

9 komentar:

Dannie F Morran mengatakan...

wkwkwk...ini lagi ga fokus apa emang udah mulai usia pikun?? tuh kan gara2 sering ngatain gw lemot sih hehehe...
*piss ah :D

Alrezamittariq mengatakan...

hahahahahaha....asli dah lucu banget kisah yang kedua....kasian dah keringetan malah dipingpong..hehehe

Syifa Ahira mengatakan...

sama mba.. paling susah kalo ditanyain arah n nama jalan.. hihi...

Dewi mengatakan...

intinya...women can't read map.....including myself....muahahah...


(bagian kek gini juga bisa jadi bahan argueing ama suamiku...lah mau gimana lagi...kalau ga bisa mo diapain lagi)

ideku handmade mengatakan...

gw tau kok des...:p
gw dah pernah ngalamin pergi berdua sm lo (ke rs jenguk diah n ke rumah diah..)..
gw maklumin....
bukan karena gw pengertian sm lo.. tp karena ................... gw jg pelupa! hehehe...

Newsoul mengatakan...

Hahaha, dasar Desi. Kok sama ya, saya juga suka gak ngeh kalau ditanya detail alamat. Soalnya terbiasa pergi dengan misua, duduk manis, tau-tau udah nyampe. Kebiasaan jelek ya Des.

ndutyke mengatakan...

penuaan dini ya mbak? mari sok atuh mulai mengkonsumsi ginko biloba, hahaha... alah aku gaya, sok yg brasa paling bener aja kalo kasih ancer-ancer jalan.

tp benernya sih aku hapal jalan-jalan di surabaya. cuman suka salah kasih arah: kanan dan kiri. diotak udah kerekam, KANAN, tp mulut nyeplosnya KIRI.

kasian suamiku dulu pas pertama kali mau kerumahku, kesasar kemana-mana gara salah kanan-kiri itu, hahaha... parah beudhhhh!!

Poppy Gusriharso mengatakan...

Haiiii temans,

Buat yang lagi bengong, yang lagi sedih, abis patah hati dan butuh bantuan segera... hayooo mampir donk ke www.ipopscollections.com dijamin hati jadi adem, pikian jadi tenang... karena bisa cuci mata sekalian belanja :)

Cuma di ipops collections kamu bakal dapatin pengalaman belanja on line yang menyenangkan... tas tas branded or bermerek seperti tas Louis Vuitton, Prada, GUcci, Chanel, Christian Dior, Tod's dll
di Jual MURAH. Kualiatas....ssssttttts jangan di tanya... Puassss pokoknya..

Juga... Reseller are welcome... so yang mau bisnis di sini juga bisa... ada harga special :)

CU
at ipops collections, where shopping can be fun ;)

BIG SUGENG mengatakan...

Kalau saya nanya alamat terus dijawab itu lhooo dari sini ke arah barat setelah itu ke selatan nah nanti ada tikungan terus ke barat lagi nah disebelah utaranya itu lho...
pasti pusing, saya akan menegaskan kanan atau kiri
soalnya bingung sih arah mata angin

Posting Komentar