5 Feb 2010

Kangen Multiply :'(

ini sebuah postingan panjang tentang Multiply. akan sangat membosankan. 
tidak perlu dibaca. tulisan ini khusus saya dedikasikan untukmu Multiply.... 
____________i miss u____________




Dari mana aku harus memulainya..... Dari Grogol?

Oh tidak, mungkin lebih baik aku mulai dari sebuah masa dimana Multiply tengah berjaya, di sekitar tahun 2005 sampe...... sampe Facebook dodol itu datang tanpa diundang! Aku benci! Aku benci dengan Facebook yang telah merebut posisi Multiply!! *tapi tiap hari online FB*

(Btw, eniwe, cakwe, ... kenapa juga gue ber-aku-aku? Ih, jijik aku!)



Friendster sejak awal memang cuma buat formalitas. Karena dulu orang pada punya Friendster kaya' punya KTP, so gue pun bikin pada awalnya ya Friendster. Bukan mo ngikut2, sumpah deh! Niat gue cuma satu, mencari mantan temen2 SD gue dulu di Kapuas. Tapi nampaknya mereka gak ada yang ghaolz yah, so ga satupun gue temukan. Tapi akun FS terlanjur ada, yah biarkanlah.

Setelah itu yang ngundang untuk bikin situs2 sejenis mulai berdatangan! Karena situs jejaring sosial saat itu emang udah ada banyak banget, ada yg ngundang bikin Hi5, Tag, dll, dll, gue tetap cuek. Ngerasa gak guna juga kalo tiap situs gue bikin akun.

Sampe suatu detik Upil ngajakin gue bikin Multiply. Nggak tertarik pada awalnya,tapi entah pake susuk apa si Upil, akhirnya gue terpengaruh juga buat bikin tanggal 8 Mei 2006. Bikin tok tanpa gue sentuh .................. Baru setahun kemudian gue isi2 segala macem! SE-TA-HUN-KE-MU-DI-AN!! Coba tolong dicatat ya, trus dirobek dan dibuang aja itu catatannya.


Awalnya foto doang. Dan awalnya yang punya MP cuma gue, Upil, Diah, Noor, dan beberapa anak laen. Masih dikit banget. Tapi ibarat MLM, virus MP mulai melanda anak2 satu persatu, hingga semuanya punya akunnya! Multiply jadi seru dan rameeee banget!!


Sebenernya tanpa ada anak2 kantor yang ikutan pun dunia Multiply udah sangat rame. Itulah kelebihan MP. Di sini kita saling menambah teman dan saling berkomentar dari orang2 yang lingkarnya mungkin nggak ada tautannya sama sekali dengan kita. Dan lebih tulus. Nggak kaya' di FS slash FB yang kebanyakan nge-add karena pengen ngajak kenalan lawan jenis alias ngeprospek untuk dijadi'in gebetan setelah liat foto2 kita.

No no nooo.... penghuni2 MP lebih berbobot dari itu. Kita tulus saling taut-bertaut karena saling tertarik dengan tulisan2 kita, atau ide2 foto kita (bukan krn naksir), atau sama list lagu2 kita, anything! Yeah, i meant anything.................. and sincerely.

Dan kalo FS cuma ngandelin testimonial dan foto, sementara FB andelan utamanya adalah update-an status dan juga (udah pasti lahhay!) foto........... kalo di MP????

SEMUANYAAAAAA.....!!!!!!

Semua, guys! Semua!!

Semua fiturnya sangat hidup! Sangat ramai! Sangat terpakai!

Mulai dari foto, blog, musik, video, kalender, link, review, jualan...... nggak ada yang sepi! Semua dipake sama para pengguna MP, dan semua ramai dikunjungi plus dikomen sama orang2! It's almost like u have ur own personal website. Apalagi template-nya bisa diganti2 sesuka hati dengan tampilan yang lucu2 dan keren2 sesuai selera kita (sayang gue modif template gue sendiri dan gue nyimpen gambar2nya di Geocities. Yg mana Geocities skrg udah gak gratis lagi, so semua file gue hangus, termasuk source buat template MP gue ini :[ )

 Hebatnya MP, lo bisa unggah (upload) foto yang high resolution, dan otomatis langsung MP compress ke ukuran standar untuk tampilan, tapi disediakan fasilitas zoom in kalo mo liat atau save ukuran foto aslinya! Hebat kan? Tepuk tangan dong!! Kalo FB? Kita mesti repot resize2 sendiri, dan foto yg tampil ya jadinya low-res... huuuu....

Yang juga menyenangkan dari MPadalah fitur pencariannya. Mo cari data apa juga tinggal kasih keyword yang pas, kita bisa nemu segala macem file orang di MP. Foto, lagu, tulisan, apapun! Gue menobatkannya sebagai istrinya Om Google.

Dengan fitur search inilah, gue menemukan semua lagu2 Indonesia taun 80-an dan 90-an, juga lagu2 OST film2 kartun dan film seri TV, ..... pokoknya sagala aya! Tinggal permisi sama yang punya data "Numpang nyedot ya, gan!" lalu kita sedot ampe puas..... sssrrrrpppp..... ahhhhhhh......  Dan kita juga gak boleh pelit kalo ada yang mo mengunduh balik hasil jerih payah kita.

Belakangan, kemudahan dalam mengunduh (men-download) file mp3 di MP inilah yang bikin MP diprotes sama kalangan musisi. Akhirnya fitur musik di MP diblokir, dalam pengertian file itu cuma bisa diunduh sama yang punya, tapi tertutup untuk selain dia. (meski kemudian tetep aja bermunculan cara2 ngunduh yang ilegal di MP3....)

Dan sekarang........ setelah sekian lama ga buka MP, gue menemukan ada satu penambahan lagi di fitur musik ini, yaitu music player. Whoa, keren banget! Dulu fitur itu cuma ada di halaman muka aja dan kita mesti pilih dari list mana kita mau player itu muterin lagu. Sekarang, masing2 list punya playernya sendiri. Oke, mungkin aja penambahan ini udah lama banget dan gue yang telat baru tau sekarang, tapi tetap.... membuat gue makin merasa sedih kenapa Multiply sekarang (apalagi dengan segala kelebihannya ini) mesti ditinggalkan sama para penggunanya.

Memang, gue agak sebel sama tampilannya sekarang yang mirip2in Facebook. Mulai dari layout, sampe notes yang nyontek fitur status FB. Tapi gue bisa maklumin itu, mereka mesti bersaing keras untuk merebut kembali para penghuninya yang dulu betah di rumah dan sekarang pergi tak kembali.... untuk sesuatu yang tidak lebih baik pula. Hanya semata2 karena FB memang sedang booming dan digandrungi di seluruh dunia.

"Ya lo maen Multiply lagi dong."

Masih suka gue kunjungin kok sesekali. Cuma mau ngapain? Udah sepi. Gue kangen keramaian dulu, yang jauh lebih seru dibanding di FB.

FB memang berjasa mempertemukan gue dengan orang2 yang paling ingin gue temui lagi; mantan2 murid gue dulu, temen2 gue di Kapuas yang alhamdulillah akhirnya ketemu 2 butir (semoga terus bertambah), sahabat terbaik gue jaman SMA 47 Debby (Hi By... it's a treasure to find you again! Kiss you, hug you, miss you, love you)....... mana mungkin juga FB gue tinggalkan saat ini dengan ekspertasinya yang satu itu? Ya, cuma satu itu alasan gue masih berFB-ria sampe saat ini.

"FB juga bisa tag2an!"

Ah Multiply juga bisa dari jaman dulu. Cuma gak banyak aja yang tau dan manfaatin fitur ini. Sudahlah, FB menang cuma karena sedang booming. Dan kelebihan sesuatu yang booming itu adalah hampir semua orang pake. So kalo semua orang pake kemungkinan gue makin besar untuk menemukan orang2 yang gue cari. So I'm just using it, but never enjoying it. Not the way I had with you those days behind, Mul....

Kata2 yang paling menyedihkan saat gue kepergok lagi buka2 MP lagi adalah "Hah Des?? Lo masih buka Multiply? Ih gue udah ga pernah lho! Emang masih jaman ya?!"

Masih. Meskipun sudah jarang sekali, terkadang masih suka gue buka2, liat2 lagi, baca2 lagi isinya, komen2nya yang ngangenin..... sebagian besar data yang nggak gue umpetin (nggak gue setting private) ternyata masih rutin dikunjungi orang2 yang gak gue kenal (MP punya data tentang siapa yang liat kita, data yg mana aja yang diliat, tanggal berapa mereka ngeliat, so detail!), terkadang bikin gue senyum2 sendiri ngeliat makhluk2 yang masih bertahan di MP itu.


Teman2, ayo kita kembali ke Multiply. Temani saya. Ya?



.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

10 komentar:

Gilang Wicaksono mengatakan...

wah sori gan ga punya akun MP ni hehehe
soalnya waktu itu masi sibuk cari tenar di FS (^0^)v

sudahlah percuma kalo mau ngelawan FB dalam waktu dekat ini, dah jaminan kalah, si bedebah itu lagi bener2 digdaya, myspace, frenster, MP dibabat semua X(

achie mengatakan...

mp ku penuh sama notes2 ga penting dr tmen2ku.. aga nyebelin jg krn lama2 mirip fb yg suka pasang status g pntg gt.. namamu apa mba d mp? sinih sinih aku add.. ak jg jd kangen mp.. :p

ita mengatakan...

salam kenal dari saya pengguna baru MP.....!

Syifa Ahira mengatakan...

iya deh mba.. ga dibaca.. hihihi...

de asmara mengatakan...

@gilang
iya. tau. makanya benar2 menanti masa2 FB ini berlalu. tapi kalo digantiin sama kejayaan yg laen sih percuma juga :(

@achie
emang nyebelin bgt fitur notes itu. FS juga skrg ada tuh.

@ita
salam kenal! lho, baru menggunakan toh? baguusss.... ayo ramaikan MP lagiii!!

@syifa
hey, baca dong... saya udah nulis ampe juling2 nih! kok pasrah sih sama basa-basi saya di atas?

Newsoul mengatakan...

Ya, apa yang membuat senang, bahagia dan nyaman itu, tentu saja dirindukan ya des. Hehe, benci Fb tapi tiap hari online, wakakakak.

ideku handmade mengatakan...

des... gw pengguna setia mp... *wink-wink
dan gw masih aktif ngeblog di mp...
hayukkkk maenan mp lg :)

skalian gw tulis lg alamat mp gw yaa... hehehe...
idekuhandmade.multiply.com

see ya des :-*

de asmara mengatakan...

@newsoul
hehe, ga tiap hari juga sih, tergantung ada update-an masuk apa enggak di email

@ideku
ya elo mah mesti, berhubung jualan. tapi masa gue cuma berdua2an sama lo doang sih di MP?

si kepik mengatakan...

wah gak bisa ikutan. soale gak bisa dibuka dari kantor sih, hehehehe :)

ideku handmade mengatakan...

bedua2an sm lo? hush! bukan muhrim...hihihihi :D

Posting Komentar