19 Feb 2010

Mau begini begitu

Tuhan, kepala ini rasanya mau meledak saking gak tahannya pengen renov rumah. Bukan, bukan! Bukan renovasi dalam pengertian ngerombak bentuk, God no! Ini rumah aja baru nyaris 2 taun lalu direnov gede2an dari bentuk awalnya waktu baru beli dulu. Dan menghabiskan biaya yang bikin pala benjut2. Nggak deh, kita belom gila untuk ngulang kestressan saat itu.

Renov yang ini lebih ke bikin Aven jadi lebih cantik. Oyeah, Aven (baca: Eveun... *dengan logat Sunda lebih baik o,O *) is the name of our sweet home, by the way. Nama panjangnya  Heaven Eleven (rasanya gue dah pernah nyebut soal asal-muasal ni nama di salah satu postingan).

Sebenernya selama ini gue selalu membayangkan Aven sebagai rumah dengan jenis kelamin laki2, berhubung warnanya juga didominasi sama biru di sana-sini. Tapi belakangan, lupakanlah soal gender yang konyol itu. Yang jelas sekarang gue sering kaya' orang setrip suka ngomong sendiri sambil nunjuk sana nunjuk sini, ngeker2, manggut2, sambil ngebayangin dalam pikiran bakal gue bikin kaya' apa ni ruangan, atau ni pojokan, atau ni pintu... AAAAGHHH!!! GUE GAK TAHAN LAGIIII.....!!


But one thing at a time. Emang masih banyak hal2 yang sifatnya lebih prinsip untuk dikerjain ketimbang ngerias2. Maksud gue, kalo ada duit, hal pertama yang harus kita lakuin adalah pasang pagar di tangga (biar aman buat Kalum) dan benerin kamar mandi dulu (mana kamar mandi ada 2 lagi).

Sekadar tips, kalo kamu bikin kamar mandi, gak usah sok menghemat dengan gak masang keramik di dindingnya trus malah pake cat minyak. Kesalahan terbesar! Karena dinding itu akhirnya mudah kotor dan berjamur yang akhirnya jadi nampak sangat menjijikkan! Pada akhirnya tetep aja mesti dibenerin dan pasang keramik juga, malah jadi extra cost dan extra repot.

Tips kedua buat kamar mandi, di bagian lantai jangan pasang keramik dengan motif yang bertekstur. Pilih yang rata aja! Oke yang kesat (bukan yang licin), tapi yang polos aja alias rata tanpa motif. Karena keramik bermotif cuma bikin lantai jadi gampang kotor karena banyak celahnya. Meski tiap jam kerjaan gue udah nyikatin kamar mandi melulu (dan ini bukan hiperbol, tanya aja sama Gembul apa kerjaan gue tiap masuk kamar mandi), tetep aja tu lantai dengan mudahnya kotor lagi :(

Sudahlaaaahhh, kok jadi curcol??

Gue ini ceritanya nulis di sini mo menghibur diri. Meskipun belom kesampean renov yang cantik2 buat Aven, tapi bolehlah gue pajang beberapa gambar yang jadi inspirasi buat menjadikan Aven lebih surga lagi buat keluarga gue nantinya. So Mbul...... prepare for the wildest fantasies, and WORK HARDER TO FULFIL MY DREAMS!!! HAHAHHAHAHAHAAA.......!!! 


Ayunan ini bikin gue tergila2! Gue harus pasang di ruang tv nanti, yang mana ruang tv itu nantinya ada di lantai atas, well, mesti nambah ruangan lagi berarti di samping tangga, karena ruang tv yang sekarang rencananya mo jadi ruang makan.


Sementara lemari buku itu pengennya sih ditanam di dinding, dan kalo itu terlalu repot karena mesti ngebobok tembok segala, okelah biasa aja, tapi berarti tingginya setengah dari di gambar dan dipajang di atas meja kayu panjang di depan kamar Kalum (yah, maksud gue kamar yang kelak bakal jadi kamar Kalum, sekarang sih tu kamar fungsinya masih jadi gudang dulu).




I love DIY!! Yes, Do It Yourself! Beberapa hal yang bisa kita utak-utik sendiri memangkas budget banget! Contohnya horden bulet2 itu, tinggal menggunting dengan pola bulat dari bahan yg kita suka, trus dijahit untuk nyambungin satu persatu. Trus horden poni yang biru, tentunya gue akan pilih yang motifnya lebih lucu dari itu, dan bagian dalamnya dikasih viltrage putih seukuran jendela biar ga terlalu ke'ekspos rumah kita dari luar.

Dan tempat kunci itu.... uuuuhh, imut sekali kaaannn??? Ntar dah gue cari ranting2 daun yang dah rontok trus dikerasin/diawetin. Sementara botol beling, seberapa susah sih dapetinnya? Ya memang mesti nyari yang bukan model2 botol kecap ABC dan sirup ABC ya.... ketauan banget deh dari bentuknya! Kalo bunga imitasinya, banyak kok yang jual.




Ada banyak inspirasi dari gambar di atas. Pertama, kita bisa ngakalin cat rumah biar gak bosenin dengan cara dicat selang-seling. Efek yang dihasilkan mirip2 wallpaper yang mahalnya ngujubile itu. Jangan takut bermain warna saat ngecat rumah, karena mood yang dihasilin tuh luar biasa lho! Cuekin aja pendapat2 miring orang2 yang mikirnya masih konservatif, semacam gue dulu yang dikatain gila sama para orangtua karena ngecat rumah belang2, tembok satu ama tembok laennya beda2 warna. Padahal gue baru bermain di gradasi biru doang lho! Biru tua, biru muda, dan putih. Ke depan bakal lebih variatif lagi dan keluar dari pakem biru doang.

Inspirasi kedua adalah betapa efisiennya interior di atas. Mungkin dia memaksimalkan ruangan yang relatif kecil, so sampe ke tempat2 tidur dibikin berfungsi ganda. I like it!




 

Sebelumnya mohon maaf sama mbak Uci yang gambar salah satu pojok di rumahnya gue comot dan gue pajang di sini. Sejak awal liat gue udah jatuh cinta sama nih kolam indoor (cantik sekali mbak Uci!). Tapi kayanya untuk bikin kolam indoor di rumah gue gak memungkinkan, so mungkin someday, pojok kolam ini gue bikin di  bagian luar aja, di bagian garasi yang nggak ketutupan mobil. Mepet-mepet dikit cingcaylahh... (tanah cuma seiprit kok maksa pengen masukin segala unsur??!)




 
Apa ini? Oh, ini dalam bayangan gue adalah pojok kerja buat Gembul-ku tersayang.  Lokasinya ada di bagian atas kamar gue. Maksudnya masih satu ruangan sama kamar, berhubung plafon di kamar gue tinggi, jadi masih memungkinkan untuk dibangun ruang imut seperti ini, ya mungkin letaknya deket2 AC yang sekaranglah. Untuk naik ke sini, tangganya bener2 tangga kayu konvensional dengan posisi tegak lurus. Mungkin di tangga itu gue tambahin asesori mawar berduri yang melingkar2 dari bawah sampe atas? Ah janganlah, gak segitu bulan madunya juga tema kamar gue!
Dan kursi yg ada di gambar atas, ga bakalan ada di pojok kerja itu andai terwujud nanti. Sebagai gantinya adalah bantal duduk aja beberapa biji, dan tinggi meja menyesuaikan.

Ayayayayayyy...... !! Ga sabar pengen dadah2an sama Gembul yang lagi kerja sama laptopnya di atas dengan gue yang lagi baca komik di tempat tidur  di bawah sana \(^o^)/

Owh, sesungguhnya masih banyak sekali isi kepala ini, tapi masa iya mesti gue tuangin semuanya? Bukan apa2, kaya' yang punya duit aje... Mungkin sisanya (yang masih berjuta2 lagi) itu, biarlah bermain2 di benak gue, dan gue cuap2in di depan Gembul aja *yang nampaknya makin bengong dan stress denger mimpi2 gue soal rumah*.

Rumah buat gue adalah juga anggota keluarga. Bukan soal gede kecil ukuran (self-defense orang yang rumahnya kecil), tapi soal bagaimana kita bisa menjadikannya surga buat para penghuninya, dengan berbagai cara (hahhh, another self-defense gombal buat orang gila kaya' loe Des...)

Ah rumah rumah gue sendiri ini :P

.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

17 komentar:

Alrezamittariq mengatakan...

gue suka banget tuh ruang terbuka di tengah rumah...wah...wah..ternyata...sama ruang keluarga bernuansa ungu...hmmm i love it...

Dewi mengatakan...

wew...dari duluuuuuuu banget...pengen ama ayunan macam itu....*semoga kita ber2 bisa berhasil mewujudkannya...sementara dirimu tinggal selangkah lagi...aku mesti lari-lari dulu...secara rumah juga blm punya hahaha*


dan yes...tempat tidur multi fungsi.....dari dulu berkhayal make tempat tidur kek gitu...

Gilang Wicaksono mengatakan...

SIP SIP tips soal kamar mandinya akan saya ingat selalu hehehe
action figure nya pada ditaro mana tuh?

Syifa Ahira mengatakan...

smoga renov avennya cepet kesampaian ya mba..

de asmara mengatakan...

@alreza
gambar2 di atas bukan rumahku mas :) maunya sih gitu, tapi masih jauh di awang2 hehe

@Dewi
gpp mba! beli aja dulu ayunannya, kan ga ada ruginya juga. ada tuh dijual di Ace Hardware.

@Gilang
action figure mo gue bikinin lemari kecil Ru. itu PR yang blom kesampean dari dulu :( kasian mereka makin lama makin buluk keuntel-untel dalam dustbag berhubung ga dipajang2

@Syifa
amin, Fa... makasih yah :) kamu punya duit nganggur nggak?

Newsoul mengatakan...

Set interiornya ciamik Des. Seleramu ok juga Cin. Kaalu udah jadi undang kita-kita ya, launchingnya, hehe.....

DUNIA POLAR mengatakan...

aku suka banget mbak yang foto kamar itu, minimalis tp masih keliatan keren. g seperti kamarku yg acak2an :)

Brokoli sehat mengatakan...

say, gw juga suka banget sama DIY, terutama nge-cat rumah. Rumah gw dari kapan taun, selalu gw cat sendiri. Bahkan waktu mau syukuran kawinan dirumah, tiga hari sebelum acaranya gw masih nge-cat rumah doong. Lagian do it yourself ini selain ngirit juga membuat kita lebih sayang sama rumah sendiri

Alrezamittariq mengatakan...

ooo pernah 5 taon di kalimantan ya...wah gak kepanasan tuh?hehehe

ideku handmade mengatakan...

des... lo tau gw bakal ngmg apa kan? kayanya mulut kita selalu berbusa setiap ngmgin ini di ruangan... :D
kita yg cuma punya mimpi, tp susah bgt utk ngewujudinnya..hehehe....
nah berhubung lo dah punya rumah duluan, makanya sok atuh dihias2 rumahnya... :)
besok minggu harus dah rapi yah!! kan bakal kedatengan tamu2 istimewa... hahaha.... :D
see u on sunday des! :p

Dannie F Morran mengatakan...

rumah kaya gini mah kalo jadi karyawan terus juga kaga bakalan ke beli :D

ideku handmade mengatakan...

@dance: kebeli dan... ini kan bukan soal harganya.. tp soal seberapa niat kita mau menjadikan rumah sebagai surga kita :p
halahhh...

antok mengatakan...

syukuri apa yang ada,,,,,



berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya terima kasih :D

de asmara mengatakan...

@antok
sangat2 mensyukuri yg sudah ada, tapi gak dosa kan kalo yg sudah ada itu pengen dibikin lebih bagus lagi?

tinna mengatakan...

haluuu iiihhh keren bgt ruangan yang berwarna ungunya mauuuuuuu.... ^.*

cupZ mengatakan...

jatuh cinta sama warna ungu dan tempat tidur multifungsinya,, keren banget mba,,

malah tiba2 jadi kepengen punya rumah dengan cat luar ungu,, kira2 cocok ngga ya mba?
padahal saya cowo,, blm berkeluarga,,
tp untuk rumah sy yg sedang dibangun kayanya pengen dibikin ungu,, berharap istri saya nanti juga bisa nyaman dengan warnanya

cocok ga sih mba? minta sarannya donk,, dari sudut pandang wanita,, hehe
kalo dikombinasikan cocoknya ungu dengan warna apa ya?

de asmara mengatakan...

pertama2 yaaah, ingatlah bahwa gambar2 di atas bukan gambar rumah gue, melainkan juga hasil googling, hehe...

dulu rumah nyokap pernah juga cat luarnya dicat gradasi ungu, dan hasilnya lucuuu banget! Tapi hati2 milih warna ungu, jangan yg lebih ke warna magenta, tapi pilih ungu yg lebih 'cowok'kaya contoh foto di atas.

kalo saya pribadi make warna ungu buat di kamar utama. Semua warna bagus kalo dikombinasiin sama gradasi warnanya itu sendiri, atau dg warna salem dan putih. *Aaahh... sok tau banget gue ini* *maklum cita2 ga kesampean ;P *
.

Posting Komentar